POPULAR STORIES

Gokil! Toyota Supra A90 Produksi Pertama Ini Laku Rp 29 Miliar

Gokil! Toyota Supra A90 Produksi Pertama Ini Laku Rp 29 Miliar Serah terima Supra A90 Global#1 (ist)

KabarOto.com - Tak dapat dipungkiri, Supra merupakan salah satu produk sports car keluaran Toyota yang sangat legendaris. Di awal kemunculannya hingga era tahun 90an, banyak pecinta otomotif menggagumi sosoknya.

Kekaguman tersebut bukan hanya alasan faktor performa yang disajikan semata, tetapi juga karena Supra memiliki tampilan yang sangat menarik. Tak pelak, meski sudah tidak diproduksi lagi, namun Supra masih menjadi incaran para kolektor.

Baca Juga: Akan Masuk Indonesia? Ini Tampilan Supra Dalam Berbagai Warna

Bahkan, satu unit Toyota Supra Mk4 lansiran 1994 baru saja laku dalam sebuah pelelangan dengan harga yang fantastis, yaitu US$ 173.600 atau sekitar Rp 2,4 miliar.

Memiliki desain futuristik

Setelah generasi ke-empat selesai diproduksi pada tahun 2002, sosok Supra seakan mati suri. Hingga akhirnya pada tahun 2019 ini Toyota kembali memproduksi Supra generasi ke-lima dengan tampilan yang sporty dan futuristik.

Menariknya, banyak car enthusiast yang memiliki prediksi bahwa Supra generasi anyar ini bakal menjadi sebuah mobil investasi di masa depan. Sama seperti generasi sebelumnya.

Tak mengherankan apabila Supra generasi ke-lima yang memiliki kode produksi pertama menjadi incaran para kolektor. Biasanya memang, kendaraan produksi pertama dan terakhir akan menjadi sebuah barang yang collectible.

Terlihat menarik dari berbagai sisi

Hal ini terbukti, saat Toyota GR Supra 2020 yang memasuki jalur produksi pertama dengan kode "Global # 1" telah terjual dengan harga fantastis $ 2,1 juta atau setara Rp 29 Miliar.

Unit A90 spesial ini laku terjual dalam lelang Barrett-Jackson di Arizona, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Pekan ini, mobil tersebut telah dikirim kepada pemiliknya yang beruntung di markas Plano Toyota USA.

Kental aura sporty

Global # 1 adalah satu-satunya VIN yang menandai saat Supra diperkenalkan kembali ke dunia, sebagai kendaraan pertama yang keluar dari jalur produksi. Pada sisi eksterior, edisi peluncuran perdana di pasar AS ini dibalut cat abu-abu matte, cover spion merah, dan roda hitam matte.

Baca Juga: Ini Foto Detail A90 2JZ Milik Daigo Saito

Saking spesialnya, bahkan Bob Carter, wakil presiden eksekutif penjualan Toyota AS, juga memberikan beberapa barang lainnya kepada sang pemilik ketika ia mengambil mobilnya.

Mesin buatan BMW 3.0 liter

Pemberian itu termasuk baju balap Toyota dan foto yang ditandatangani dari presiden Toyota Akio Toyoda. Toyoda juga menandatangani penutup mesin Supra # 1 untuk memperingati Supra pertama yang diproduksi dalam 20 tahun setelah JZA80 yang terkenal dihentikan.

Selanjutnya, hasil dari lelang Supra tersebut akan diserahkan kepada American Heart Association dan Bob Woodruff Foundation, yang melayani keluarga veteran dan militer. Untuk pasar AS, Supra dibekali dengan mesin BMW turbo 3.0-liter yang sanggup menghasilkan tenaga 335 dk dan torsi 495 Nm.