POPULAR STORIES

BMW Motorrad Akan Luncurkan S1000RR Di EICMA

BMW Motorrad Akan Luncurkan S1000RR di EICMA Foto: Facebook BMW Motorrad

KabarOto.com - Pada akun Facebook BMW Motorrad, beberapa waktu lalu merilis video yang diduga sebagai S1000RR yang baru. Pada video berdurasi 19 detik tersebut, memperlihatkan sekilas bocoran pada bagian depan.

Pada video yang beredar, diawali dari video truk yang membawa kontainer berisi S1000RR. Lalu di scene selanjutnya, terlihat 2 buah motor dengan lampu menyala.

Diperlihatkan secara dekat, lampu asimetris khas S1000RR sudah tidak dipakai pada model baru ini. Berganti lampu projector dengan DRL LED yang membentuk huruf ‘U’.

Mungkin bukan jadi selera para pecinta BMW S1000RR, karena lampu yang sudah identic di motor tersebut dihilangkan. Namun dari segi performa, motor ini tetap menjadi momok yang menakutkan.

Baca Juga: Test Ride - Asyiknya BMW G310R Ke Mega Mendung

Memang tidak diberikan secara jelas bentuk baru dari motor ini. Namun, sepertinya BMW masih akan tetap mempertahankan bentuk sirip hiu pada fairing, yang menegaskan bahwa model fairing itulah yang menjadi identitas S1000RR. Ditambah, terlihat sekilas livery baru dengan warna Light White/Lupin Blue Metallic/Racing Red, yang juga mengikuti warna pendahulunya.

Tidak diberitahukan secara jelas apa saja yang akan digantikan pada motor tersebut. Namun akan jadi hal yang menarik ketika, mesin berkonfigurasi inline 4 silinder 1.000 cc, yang diklaim dapat menghasilkan 200 dk dan torsi sebesar 113 Nm, di-upgrade lagi hingga memiliki tenaga yang lebih besar.

Dari tenaga standarnya, S1000RR dapat menempuh dari diam sampai 100 kpj hanya dalam 2,6 detik. Dan kecepatan maksimal bisa sampai 303 kpj. Diperkirakan fitur-fitur yang digunakan juga masih selengkap varian dulu dengan DTC (Dynamic Traction Control), ABS yang sudah terintegrasi, Anti Hopping Clutch atau biasa yang digunakan agar perpindahan gigi cepat, Multi Function Display, dan juga sudah terdapat 3 buah riding mode (Rain/Sport/Race).

Baca Juga: Pajak Makin Tinggi, BMW Motorrad Sesuaikan Harga Jual Mogenya

Ubahan juga terdapat pada bagian model tangki bensin dan bentuk pelek yang semakin keren dari sebelumya. Selain itu, swing arm BMW S1000RR juga didesain ulang dan sektor belakangnya kini ditopang subframe teralis.

Pabrikan asal Jerman ini nampaknya juga akan menerapkan sasis low-center gravity untuk memudahkan pengendaliannya. Dengan penggunaan bahan alumunium komposit yang lebih rigid dan kuat.

Kabarnya, motor ini akan siap dirilis dalam gelaran EICMA 2018 pada tanggal 6-11 November 2018 mendatang di Mailand, Italia.

Kemungkinan besar, motor tersebut juga akan masuk ke Indonesia nantinya, mengingat pasar Indonesia yang sedang ramai penjualan moge.

Contoh saja beberapa bulan lalu BMW HP4 yang dimasukan ke Indonesia sudah laku terjual, padahal motor tersebut non-street legal, yang hanya dijual 750 unit di dunia. Hal tersebut menunjukan pasar Indonesia yang memiliki antusia tinggi terhadapat moge-moge BMW. (Deddy Darmanto)