Test Ride - Asyiknya BMW G310R Ke Mega Mendung

Test Ride - Asyiknya BMW G310R ke Mega Mendung BMW G310R punya torsi yang mumpuni (KO/Kipli)

KabarOto.com - Setelah sekian lama hanya bisa mengagumi sosok BMW G310R, KabarOto akhirnya punya kesempatan untuk merasakan sensasi mengendarai sepeda motor naked bike entry level buatan produsen asal Jerman tersebut.

Sejatinya, G310R ditujukan untuk kaum urban yang lebih sering melakukan aktivitas di dalam kota. Namun BMW Motorrad mengklaim bahwa sepeda motor ini juga andal untuk digunakan di jalur luar kota.

KabarOto pun segera menjajal G310R setelah mengambil unitnya di Maxindo Moto Nusantara, importir resmi BMW Motorrad yang berlokasi di kawasan Cilandak untuk menuju daerah Senayan.

Desain

Tampilan G310R terlihat begitu sporty dengan lekuk agresif, simple namun memiliki karakter yang kuat. Kabarnya desain ini terinspirasi dari kakaknya BMW S 1000 RR.

Secara garis besar, motor ini punya tampilan yang agresif, dengan sudut-sudut tajam di beberapa bagian. Tangki bahan bakar berkapasitas 11 liternya terlihat besar dan kokoh, berpadu dengan sayap berukuran kecil di bagian bawahnya, sehingga menguatkan aura sporty.

Unit G310R yang dicoba kali ini menggunakan warna HP style alias putih. Boleh dibilang warna ini rasanya paling cocok untuk body naked bike atau BMW menyebutnya dengan roadster ini. Karena lekuk bodi dengan garis tajamnya makin terlihat menonjol. Selain putih, BMW juga menyediakan warna hitam, merah dan biru.

Selain itu, tepat di bawah mesin disertakan pula sebuah cover, yang membuat mesin tetap terlindungi dari benda keras. Pada bagian belakang, tampak terpasang sebuah lampu rem LED berdesain modern yang diapit oleh dua buah lampu sein, yang semakin memperkuat aura kemewahannya sebagai naked bike kelas atas.

Baca Juga: Ini Pemenang Parjo Red Carpet BSD 2018 Yang Terbang Ke Italia

Mendapat prioritas saat parkir

Tampilan G310R makin menarik, dengan pengunaan pelek palang lima berwarna hitam mengkilap. Pelek tersebut memiliki ukuran 3.0x17 inci di bagian depan, yang dibalut ban berprofil 110/70 R 17. Sedangkan pada bagian belakang menggunakan pelek berukuran 4.0x17 dibalut dengan ban 150/60 R 17.

Salah satu bagian yang menyumbang kegagahan G310R adalah suspensinya. Pada bagian depan, naked bike itu menggunakan suspensi up side down berwarna gold. Pemilihan warna ini membuat karakter G310R makin kuat. Sedangkan di belakang menggunakan suspensi monoshock adjustable berwarna putih.

Untuk sistem pengeremannya, BMW melengkapi G310R dengan single disc berukuran 300 mm, yang diapit kaliper 4 piston keluaran Bybre di bagian depan. Serta single disc berukuran 240 mm single piston di bagian belakang.

Pertama kali duduk di atas jok yang empuk, posisi riding-nya terbilang nyaman. Kaki tester KabarOto yang berpostur 177 cm dapat menapak dengan baik ke tanah, dengan jarak ketinggian jok hanya 785 mm, G 310 R menawarkan posisi berkendara sangat nyaman.

Selain itu, meski memiliki ukuran tangki cukup besar yang dibungkus cover plastik, G 310 R tetap nyaman dikendarai, karena punya bentuk tangki yang menyempit di bagian paha pengendara.

Baca Juga: Seru! JSI Resor Datangkan Kendaraan Baru Untuk Off-Road Dan Bersenang-Senang

Kenyamanan ini lalu disempurnakan desain pijakan kaki yang membuat posisi kaki pengendara lurus. Bikin enggak cepat pegal. Meski jarak tangan untuk menjangkau setang fat bar terasa agak jauh, namun itu bukan suatu masalah. Rasanya hanya butuh proses adaptasi beberapa saat.