POPULAR STORIES

BMW Recall 447 Motor Karena Masalah Stiker

BMW Recall 447 Motor Karena Masalah Stiker BMW R 1250 R

KabarOto.com - BMW melakukan pemanggilan atau recall untuk motor-motor yang sudah dijual di Amerika Serikat. Namun, pemanggilan ini bukan karena ada kerusakan pada komponen atau berkaitan dengan keselamatan.

Pemanggilan ini berkaitan dengan masalah stiker yang mudah terlepas untuk BMW seri R 1250. Pabrikan asal Jerman ini melakukan recall 447, sepeda motor BMW yang dijual di Amerika Serikat, mulai dari model RT, R, RS, GS, dan GS Adventure.

Baca Juga: BMW Hadirkan Warna Baru Untuk G 310 GS, Lebih Cerah

Badan Nasional Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat (National Highway Traffic Safety Administration/NHTSA) menjelaskan, untuk model tahun 2021 memiliki permasalahan stiker tekanan angin di model-model tersebut mudah terkelupas. Apabila stiker itu lepas, maka motor-motor ini tidak sesuai dengan standar keamanan.

Masalah stiker ini terlihat simpel, tapi ternyata stiker keberadaannya sangat penting di motor BMW, karena memuat informasi tekanan angin yang disarankan oleh pabrikan. Jika tekanan angin di ban kelebihan atau bahkan kurang, sangat berbahaya bagi pengendaranya, bahkan bisa menyebabkan celaka.



Sebenarnya tidak masalah tekanan angin yang tidak ada di stiker, karena di buku manual sudah ada. Tapi, tentunya pengendara motor tidak pernah membawa buku manual selama perjalanan.

BMW lakukan recall motor yang diproduksi antara 18 Mei sampai 10 Juli 2020. Pabrikan segera menghubungi pemilik melalui surat dan meminta konsumennya datang ke diler resmi dan stiker akan diganti.

Baca Juga: Pompa Bensin Bocor, Banyak Moge BMW Kena Recall

Sebelumnya, BMW di Amerika Utara mengumumkan penarikan kembali atau recall belasan ribu unit motor gede (moge) mereka. Hal tersebut terjadi pada unit produksi tahun 2005 hingga 2012 karena disinyalir terdapat masalah pada fuel pump atau pompa bahan bakar.

Dilansir dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), 10% dari 16.926 unit terkena dampaknya. Pada tahun 2013 rupanya jadi titik awal penarikan tersebut, namun pihaknya hanya melakukan recall dengan cara memasang ring penguat dan tak perlu mengganti pompa.