POPULAR STORIES

Bocoran Hyundai Exter, SUV Kompak Punya Peluang Jadi Produk Global

Bocoran Hyundai Exter, SUV Kompak Punya Peluang Jadi Produk Global Hyundai Exter (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Hyundai Exter dijadwalkan hadir di India. Bukannya menggelar acara peluncuran, pabrikan mobil Korea Selatan ini hanya merilis dua foto dan data speifikasi dari SUV kompak terbarunya.

Dari segi eksterior, Hyundai Exter mengusung tema mobil yang mendukung kegiatan petualang. Namun melihat dari proporsinya, mobil ini diyakini menggunakan platform yang sama dengan Hyundai K1, atau mobil perkotaan seperti i10, Grand i10 Nios, aura, dan Casper.

Lampu depannya dilengkapi LED berbentuk huruf H, intake bumper besar, dan efek atap mengambang dengan pola khusus pada pilar C. Desain ini bisa jadi merupakan bentuk SUV Hyundai di masa depan.

Baca Juga: Truk Hidrogen Hyundai XCient Diperkenalkan Pertama Kali Di Amerika Serikat

Hyundai Exter SUV kompak untuk kegiatan petualangan

Warna eksterior "Ranger Khaki" yang baru juga diharapkan muncul di model lain. Meskipun belum ada foto interior yang tersedia, varian tertingginya dikabarkan hadir dengan paket lengkap fitur infotainment, kenyamanan, dan keselamatan.

Secara keseluruhan, Hyundai Exter diperkirakan akan memiliki ukuran lebih pendek dari Venue yang memiliki ukuran panjang 3.995 mm.

Hyundai telah mengkonfirmasi bahwa Exter akan berbagi opsi powertrain dengan Grand i10 Nios dan Aura. Di mana, SUV ini akan dilengkapi dengan mesin bensin 4 silinder Kappa berkapasitas 1.200 yang mampu menghasilkan tenaga 82 dk dan torsi 114 Nm, atau bi-fuel 1.200 cc (bensin/CNG) yang menghasilkan tenaga 68 dk dan torsi 95 Nm.

Baca Juga: Jaring SDM Berkualitas, Hyundai Indonesia Gelar Pelatihan Bagi Pemasok Lokal

Varian bensin akan tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis, sedangkan mesin bi-fuel akan dikawinkan secara eksklusif dengan manual. Tenaga akan disalurkan ke gandar depan.

Hyundai Exter akan bersaing dengan small SUV lainnya seperti Suzuki Ignis, Tata Punch, dan Mahindra KUV100. Tidak jelas apakah Hyundai bermaksud mengekspor Exter, tetapi ada desas-desus bahwa ini akan menjadi model global yang menargetkan pasar negara berkembang. Kabarnya, peluncuran resmi akan dilakukan di India pada Juli mendatang.