POPULAR STORIES

Truk Hidrogen Hyundai XCient Diperkenalkan Pertama Kali Di Amerika Serikat

Truk Hidrogen Hyundai XCient Diperkenalkan Pertama Kali di Amerika Serikat Hyundai XCient (Foto: Hyundai)

KabarOto.com - Truk Hyundai XCient diperkenalkan untuk pertama kalinya di Amerika Serikat. Ini merupakan bentuk optimisme pabrikan mobil Korea Selatan ini, terhadap peran penting kendaraan sel bahan bakar hidrogen dalam industri mobilitas.

Sebelumnya, Hyundai XCient diperkenalkan pertama kali tahun 2020, di Swiss, Jerman, Israel, Korea Selatan dan Selandia Baru. Dalam tiga tahun terakhir, truk ini telah menjalankan uji coba, menempuh perjalanan hingga 6.437.376 km.

Versi yang diperkenalkan di California ini merupakan varian 6x4, dilengkapi sepasang sistem sel bahan bakar hidrogen 90 kW, dan motor listrik 350 kW. Truk ini diklaim dapat menempuh jarak hingga 724 km, dengan daya angkut maksimal 37.000 kg.

Baca Juga: Hyundai Exter Segera Meluncur Di India

Hyundai XCient diklaim dapat menempuh jarak 724 km

Sebagai informasi, sistem sel bahan bakar ini dikembangkan oleh bisnis energi hidrogen Hyundai dan HWTO, yang juga memproduksi sistem sel bahan bakar miliknya, untuk mobilitas udara, mobil, kapal, dan kereta api.

Hyundai sendiri belum mengungkap kapan truk hidrogen ini akan dipasarkan di Amerika Serikat. Namun, mereka berencana untuk membangun rantai katup hidrogen yang kuat di Amerika Serikat.

Baca Juga: Dibanderol Rp 820 Jutaan, Hyundai Ioniq 5 Mulai Dikirim Ke India

Rencana ini akan dilakukan di fasilitas Hyundai Motor Group Metaplant America di Georgia, menjadi satu-satunya pabrik EV khusus merek ini di Amerika Serikat.

Fasilitas ini akan mampu memproduksi hingga 300.000 EV setiap tahun, dan akan menyertakan sistem logistik ramah lingkungan, dan juga menggunakan truk sel bahan bakar hidrogen.

“Kami sangat percaya bahwa hidrogen adalah salah satu solusi paling kuat dan pragmatis untuk mencapai visi kami tentang 'Kemajuan untuk Kemanusiaan' dengan mobilitas bebas emisi sebagai pilar fundamental untuk masyarakat yang berkelanjutan,” jelas wakil Presiden eksekutif dan kepala kendaraan komersial global dan bisnis sel bahan bakar hidrogen di Hyundai Motor, Ken Ramirez.