POPULAR STORIES

Bocoran Motor Listrik Honda Dan Yamaha Di IMOS 2022

Bocoran Motor Listrik Honda dan Yamaha di IMOS 2022 Skutik listrik Honda U-GO (Foto : Honda)

KabarOto.com - Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 akan digelar pada 2 – 6 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Di mana, Honda dan Yamaha dikabarkan akan menampilkan sepeda motor listrik pada pameran tersebut.

Mengusung tema 'Ride a Better Lifestyle', IMOS 2022 akan memamerkan sejumlah terobosan teknologi pada industri kendaraan roda dua yang berhubungan dengan kenyamanan, keamanan, serta berbagai perangkat pendukung keamanan.

Sigit Kumala selaku Ketua Bidang Komersial AISI sekaligus Ketua Penyelenggara IMOS 2022 mengatakan, "IMOS 2022 akan selalu mengedepankan inovasi bagi para pengendara, menghadirkan berbagai produk-produk kategori sepeda motor mulai dari motor matik, motor berkapasitas mesin besar, dan motor berbasis listrik."

Baca juga: Motor Listrik Yamaha E01 Masih Bisa Berjalan, Meski Baterai Sudah 0 Persen

IMOS 2022

Terkit sepeda motor listrik, Honda dikabarkan akan menampilkan Honda U-GO yang sudah dipasarkan di Tiongkok sejak tahun lalu. Skutik listrik ini dipasarkan dalam dua tipe, yakni Reguler dan Low Speed. Desainnya cukup minimalis, tidak banyak lekuk pada bagian bodinya.

Dari segi performa, Honda U-GO mengusung motor listrik berdaya 1.2 kW. Untuk varian low speed, mendapat motor berdaya 800W. Jika kapasitas baterai kondisi penuh, skuter listrik ini diklaim mampu menempuh jarak hingga 65 km.

Motor ramah lingkungan ini, dapat menampung dua baterai, jika digabungkan jarak tempuh bisa dua kali lipat, hingga 133 km. Di atas kertas, kecepatan maksimum bisa mencapai 53 kpj. Honda U-GO di Tiongkok, dibanderol mulai dari Rp 16,6 jutaan hingga Rp 17,7 jutaan.

Baca juga: Target 5,4 Juta Sepeda Motor Diyakini Tercapai Lewat Penyelenggaraan IMOS 2022

Yamaha E01

Sedangkan, Yamaha akan menampilkan skutik listrik Yamaha E01 yang tengah diuji coba dan masyarakat bisa menjajal kendaraan ramah lingkungan ini.

Yamaha E01 memiliki keunggulan, di antaranya ada tiga mode berkendara, yakni Power, Standar dan Eco. Mode Power bisa digunakan di jalanan menanjak atau ekstrim. Mode Standar untuk melintas di jalan perkotaan, dan Eco digunakan saat perjalanan jauh, namun baterai tetap irit.

Dari segi performa, Yamaha E01 menggunakan baterai Lithium-ion, bisa menghasilkan tenaga 8,1 kW, kecepatan maksimalnya mencapai 100 kpj. Dilengkapi Battery Management System berkapasitas 4,9 kWh dan daya 87,6 V, dapat menempuh jarak 104 km sekali pengisian.

Kabarnya, skutik listrik Yamaha E01 akan tersedia sebagai unit test ride di IMOS 2022.