Motor Listrik Yamaha E01 Masih Bisa Berjalan, Meski Baterai Sudah 0 Persen

Motor Listrik Yamaha E01 Masih Bisa Berjalan, Meski Baterai Sudah 0 Persen Yamaha E01 sudah bisa diuji oleh seluruh masyarakat (Foto: KabarOto.com)

KabarOto.com - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), sudah mulai menguji motor listriknya bernama Yamaha E01. Semua masyarakat Indonesia, bisa menjajal kendaraan ramah lingkungan ini.

Caranya mudah, hanya mendaftar secara online, di link dan barcode yang tersedia di jaringan diler. Setelah persyaratan lengkap, konsumen bisa merasakan sensasi mengendarai motor mirip Nmax ini seharian.

Yamaha E01 memiliki keunggulan, di antaranya ada tiga mode berkendara, yakni Power, Standar dan Eco. Mode Power bisa digunakan di jalanan menanjak atau ekstrim. Mode Standar untuk melintas di jalan perkotaan, dan Eco digunakan saat perjalanan jauh, namun baterai tetap irit.

Baca Juga: Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Bisa Dicoba Masyarakat Indonesia, Begini Caranya

Yamaha E01 menggunakan baterai Lithium-ion, bisa menghasilkan tenaga 8,1 kW, kecepatan maksimalnya mencapai 100 kpj. Dilengkapi Battery Management System berkapasitas 4,9 kWh dan daya 87,6 V, dapat menempuh jarak 104 km sekali pengisian.

Yamaha E01

Hebatnya motor ini, dalam kondisi 0 persen, masih bisa melaaju menggunakan mode Eco, di kecepatan maksimal 30 kpj. Hal itu, dikatakan Manager Aftersales PT Yamaha Indonesia Hendra, di Sentul, Jawa Barat belum lama ini.

“Kalau di mode Eco normal kecepatannya bisa 60 km per jam, tapi begitu baterai drop menjadi 0 persen, speed-nya akan dibatasi hanya 30 kpj," ujar Hendra.

Namun, ia tidak mengungkap, berapa kilometer jarak yang bisa ditempuh saat baterai kosong. Yamaha masih melakukan riset kondisi tersebut.

Baca Juga: Yamaha E01 Akan Diuji Masyarakat Indonesia, Data Ini Yang Akan Dikumpulkan

Meski begitu, bagi konsumen yang menguji motor ini, tidak disarankan sering menggunakan motor dalam kondisi baterai 0 persen. Karena, lambat laun sudah pasti akan berpengaruh ke performa baterai.