POPULAR STORIES

Bodinya Makin Besar, Mazda CX-3 Akan Jadi Pesaing Toyota C-HR

Bodinya Makin Besar, Mazda CX-3 Akan Jadi Pesaing Toyota C-HR Mazda CX-3 (Mazda)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Jepang, Mazda dikabarkan tengah menyiapkan generasi terbaru dari sport utility vehicle (SUV) andalan mereka CX-3. Rencananya, mobil tersebut akan diluncurkan pada tahun 2020.

Dikutip dari laman Go Auto, CX-3 generasi kedua ini akan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibanding pendahulunya. Serta akan memberikan ruang kabin yang lebih lega, dan lebih nyaman bagi penumpang, khususnya ruang kaki di bagian belakang.

Dengan dimensi yang lebih besar, Mazda juga menjanjikan bahwa CX-3 terbaru ini akan memiliki daya tampung barang yang lebih banyak, karena volume bagasinya juga akan diperbesar.

Dimensinya makin besar

Mazda CX-3 terbaru bakal menggunakan platform yang sama dengan Mazda 3 generasi berikutnya (CX-3 saat ini berbagi platform yang sama dengan Mazda 2). Artinya, secara dimensional, CX-3 nantinya akan sejajar dengan rival yang lebih besar seperti Toyota C-HR, Hyundai Kona dan mungkin Honda HR-V dan Subaru XV.

Platform tersebut menggunakan SkyActiv-Vehicle Architecture yang akan memulai debutnya di Mazda 3 terbaru tahun depan. Mazda 3 akan dilengkapi dengan struktur bodi yang lebih kuat dan chassis yang lebih kaku.

Selain itu mobil tersebut menggunakan basis baru yang mencakup sistem suspensi belakang torsion yang direkayasa ulang, sehingga mengurangi tingkat kebisingan dan getaran yang memasuk kedalam kabin.

Director Research & Development Mazda, Kiyoshi Fujiwara mengatakan, bahwa perubahan platform ini disebabkan oleh kritik dari para konsumennya yang merasa bahwa model SkyActiv yang ada saat ini terlalu berisik.

Menggunakan platform baru

"Nantinya, torsion beam axle baru kami akan jauh lebih baik daripada suspensi multi-link yang digunakan sekarang. Jadi kami memilih itu dalam mengurangi kebisingan jalan yang masuk ke dalam kabin bagi pelanggan," katanya.

Di sektor jantung mekanisnya, CX-3 generasi mendatang juga akan mengalami penambahan teknologi. Seperti mesin SkyActiv-X yang dilengkapi dengan Spark Controlled Compression Ignition (SPCCI), sehingga menghasilkan performa yang lebih baik.

Baca juga: Ingin Mika Lampu Bening Kembali? Lakukan Nano Burn Coating Deh

Mazda juga mengatakan, bahwa dengan beberapa teknologi terbaru yang digunakan pada mesin bensin bertenaga sebesar 190 dk dan torsi 230 Nm itu, akan membuat CX-3 dapat berlari kencang, namun tetap irit bahan bakar layaknya mesin diesel.

POPULAR STORIES

HOT