Ingin Mika Lampu Bening Kembali? Lakukan Nano Burn Coating Deh

Ingin Mika Lampu Bening Kembali? Lakukan Nano Burn Coating Deh Prosesnya pun relatif singkat dan tanpa membongkar apapun, Tomi mendemonstrasikan langsung pada Kabaroto dan membuktikan bahwa prosesnya hanya memakan waktu selama kurang lebih satu jam (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Bagi pemilik mobil yang usianya di atas 5 tahun pasti suka mengeluh dengan kondisi lampu. Bukan karena bohlam yang sering putus, tapi lebih kepada konsisi kaca atau mika lampu depan yang sudah terkena oksidasi. Sehingga membuat tampilan mika ini kusam, biasanya terlihat menguning.

Misal pada Nissan X-Trail keluaran 2009 ini, yang mika lampunya sudah menguning

Lalu kenapa hal itu terjadi? Tomi Gunawan, Owner dari Tomi Airbrush menjelaskan, mika lampu yang buram dan kusam itu pasti terjadi, karena kendaraan itu digunakan setiap hari dan terkena sinar matahari serta guyuran hujan.

"Biasanya mika lampu menjadi buram dan menguning, bisa juga berjamur dan terdapat flek. Sebenarnya hal itu sangat umum karena pemakaian kendaraan sehari-hari pasti terkena matahari juga hujan," ujar Tomi.

Sebelum proses nano burn, sekeliling lampu mesti ditutup stiker agar tidak terkena bagian bodi

Namun pria yang memiliki bengkel khusus bodi di kawasan Duri Kepa, Jakarta Barat ini punya obat penawar untuk masalah itu.

"Untuk membuat mika lampu kendaraan kembali bersih bisa menggunakan teknologi baru nano burn coating. Caranya mudah dan waktunya singkat, bahkan tidak perlu melepaskan lampu kendaraan," jelasnya.

Hanya saja, mesti diingat bahwa proses ini tidak akan efektif untuk noda kuning yang terdapat pada bagian dalam mika. "Juga untuk kondisi mika yang ada baret atau retak di bagian dalamnya. Nano burn coating tidak akan menghilangkan baret atau retak tersebut," wanti pria ramah ini.

Baca Juga: Tomi Airbrush Bawa Kekayaan Budaya Indonesia Di Osaka Automesse

Lalu mika diampelas halus untuk menghilangkan jamur dan kerak yang menempel

Caranya, pertama lapisan mika mesti diamplas halus untuk menghilangkan kotoran. Kemudian dilanjutkan dengan proses penguapan lewat chemical khusus, lalu membiarkan cairan tersebut menguap hingga ke pori-pori lampu.

Chemical khusus nano burn akan dituang ke alat khusus, yang berguna sebagai penyemprot

Mika akan seperti diuap, untuk menghilangkan bekas noda dan kerak

Tomi mendemonstrasikan langsung pada KabarOto dan membuktikan bahwa prosesnya hanya memakan waktu selama kurang lebih satu jam. Berbeda dengan jasa pembersih mika lampu yang biasa ditemui, yang memakan waktu lebih dari 24 jam.

"Memang diperuntukkan bagi orang-orang zaman sekarang yang mobilitasnya tinggi, mereka bisa menggunakan kendaraannya langsung tanpa menunggu lama," ujarnya.

Setelah selesai, terlihat jelas mika sudah jauh lebih jernih dan bening

Namun Tomi mengingatkan, untuk mengerjakannya harus dilakukan oleh orang yang ahli. "Tapi kalau mau coba di rumah coba lakukan di part-part kecil dulu, jadi kalau ada salah proses tidak fatal," ungkap Tomi.

Nah buat Sobat KabarOto yang mika lampu mobilnya kusam, datang saja ke Tomi Airbrush di kawasan Duri Kelapa, Jakarta Barat. Dengan mengeluarkan uang Rp 500 ribu, kaca lampu anda bisa kembali seperti baru.

Berita Terkait

Berita Terkait