POPULAR STORIES

Berapa Lama Mobil Bisa Coating Setelah Cat Ulang? Ini Jawabannya

Berapa Lama Mobil Bisa Coating Setelah Cat Ulang? Ini Jawabannya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Jika kalian mengecat ulang mobil, dan mobil kalian sudah mulus seperti baru, hal selanjutnya yang mau dilakukan pastinya coating. Tujuannya tidak lain supaya mobil lebih kinclong, punya efek daun talas, dan melindungi dari baret halus atau oksidasi.

Namun perlu diingat mobil yang setelah dicat memerlukan waktu untuk mengering secara maksimal. Sebab sebenarnya cat, dan pernis masih dalam proses bergerak walau sudah kering.

Hal ini yang membuat mobil tidak disarankan langsung untuk di-coating. Bisa, namun anjurannya lebih baik sekitar 1 bulan setelah dicat, sebab sebelum coating pastinya mobil akan melalui proses poles beberapa tahap.

Baca Juga : Pakai Ban Semi Slick Untuk Harian? Bisa Tapi Ini Konsekuensinya

“Sebenarnya kalau dicatnya menggunakan oven, itu tidak perlu waktu lama, mungkin sehari bisa dipoles. Tapi bukan poles yang ditekan, hanya poles untuk menghaluskan permukaan pernis yang baru dicat. Namun kalau beberapa bengkel coating, mereka merekomendasikan amannya sekitar 1 bulan,” ujar Kevin Widjaja selaku Owner Tiara Motorindo.

Nah, jadi sebenarnya bisa tunggu beberapa hari setelah cat, namun kalian pastikan bengkel itu menggunakan pengeringan oven. Kalau kalian cat di bengkel bukan oven, maka waktunya akan lebih lama untuk pengeringan secara total.

Baca Juga : Processor Kunci Mudah Meningkatkan Performa Audio Mobil

Sebab dikhawatirkan jika cat dan pernis belum kering sempurna, warna atau permukaan cat akan bermasalah, sebab sebelum coating biasanya ada 3 tahap poles, proses poles itulah yang bisa merusak permukaan cat dan pernis yang belum kering.