POPULAR STORIES

Pakai Ban Semi Slick Untuk Harian? Bisa Tapi Ini Konsekuensinya

Pakai Ban Semi Slick Untuk Harian? Bisa Tapi Ini Konsekuensinya Foto : KabarOto.com.

KabarOto.com - Ban mobil memiliki beberapa jenis, ada yang memang digunakan untuk kontur jalan raya atau trek balap. Di pasaran pun dijual berbagai jenis ban dari berbagai merek, namun apakah jika pakai ban balap seperti semi slick aman digunakan harian?

Kebanyakan ban jalan raya mengutamakan kenyamanan,dan keamanan di jalan basah atau kering. Sementara ban balap juga ada semi slick street legal, hingga ban slick digunakan untuk meningkatkan daya cengkram di trek kering.

Baca Juga : Kategori Rem Brembo Palsu Yang Beredar Di Pasaran

Bahan kompon lembut atau ultra-high performance (UHP) yang digunakan ban semi slick dibuat agar daya cengkram mobil ke aspal lebih maksimal. Hal ini membuat TWI (Tread Wear Indicator) lebih rendah ketimbang ban jalan raya, sehingga lebih cepat habis. Namun kelebihannya pasti performa lebih baik di jalan kering, terutama saat manuver.

Lalu kenyamanannya, karena alur ban semi slick lebih rata, ini membuat kebisingan road noise pastinya lebih jelas dan keras ketimbang ban jalanan dengan pola alur simetris atau asimetris.

“Jadi tidak masalah dipakai harian, ban juga akan tetap terlihat keren, sporty, performanya pun pasti mumpuni, tapi semi slick street legal ya. Kalau khusus untuk balapan tidak disarankan,” ujar Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk.

Baca Juga : Material Kampas Rem Juga Mempengaruhi Pengereman

Nah kalau di jalanan basah, karena pola alur yang jarang maka jalur evakuasi air dari ban semi slick cukup baik. Tapi kalau yang benar-benar slick tidak direkomendasikan dalam penggunaan jalan basah.