POPULAR STORIES

Material Kampas Rem Juga Mempengaruhi Pengereman

Material Kampas Rem Juga Mempengaruhi Pengereman Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Komponen pengereman mobil yang paling cepat habis adalah kampas rem, sebab memang material dari kampas akan terkikis sedikit-sedikit hingga akhirnya nanti habis. Namun di pasaran sekarang banyak merek aftermarket untuk berbagai model mobil.

Namun perlu diketahui, material setiap merek kampas itu beda-beda, bahkan walau untuk mobil yang sama. Hal ini yang harus diperhatikan jika membeli kampas rem.

Baca Juga : Parkir Mobil Outdoor? Hati-hati Jangan Pakai Sarung Mobil Model Ini

“Kalau beberapa merek misalnya Brembo, itu memang kampasnya agak keras. Karena biasanya digunakan untuk memberikan pengereman lebih pakem,” jelas Eric owner YH Brakes di kawasan Gading Serpong.

Kampas model keras seperti itu memang lebih pakem saat mengerem. Namun konsekuensi jika digunakan harian adalah bunyi bising saat mengerem. Lalu jika kalian pakai piringan standar, itu akan membuat piringan rem yang kalah, dan bergelombang nantinya.

Baca Juga : Bridgestone Super RAP Evo Pelek Mobil Unik Gaya 80an

Oleh karena itu, biasanya piringan standar menggunakan kampaa yang lebih lunak. Jika tetap mau kampas keras, maka disarankan untuk mengganti piringan rem untuk kompetisi, sehingga materialnya lebih kuat ketimbang standar.