POPULAR STORIES

Processor Kunci Mudah Meningkatkan Performa Audio Mobil

Processor Kunci Mudah Meningkatkan Performa Audio Mobil Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Jika Sobat KabarOto mau meningkatkan kualitas audio mobil, sekarang caranya lebih mudah. Tidak perlu repot mengganti head unit, speaker, subwoofer dan lainnya. Sebab ada yang namanya processor.

Kalau zaman dulu head unit jadi kunci utama agar performa audio mobil meningkat, sekarang banyak yang tidak mau mengganti head unit, sebab biasanya pabrikan telah membekali mobil dengan head unit canggih sebagai standarnya.

“Kalau dulu memang mengandalkan karakter head unit. Dulu tidak ada processor, tapi sekarang head unit sudah bisa dilengkapi processor. Processor ibarat jadi pengganti otak dari head unit,” jelas Tara, Owner Kiki Rotary Motor.

Baca Juga : Crescendo Audio Revolution 7A4 Dan Revolution 3A1, Amplifier Baru Berkualitas Tinggi

Tuner audio bisa melakukan penyesuaian agar performa audio meningkat, baik bass, trebel, dan sebagainya dapat diatur yang biasanya menggunakan aplikasi khusus.

Lalu apa perlu ganti speaker? Speaker dapat diganti dengan kualitas yang lebih baik. Namun kalaupun tidak, bawaan mobil dirasa sudah cukup untuk mengeluarkan suara, apalagi hanya digunakan harian saja.

Baca Juga : Canggih, Mobile Tech Rilis DVR Dengan Teknologi AI

Soal harga, processor sendiri punya berbagai jenis. Banderolnya pun cukup terjangkau untuk penggunaan jangka panjang, KabarOto cek di marketplace harganya mulai dari Rp 3 jutaan, sementara ada biaya instalasi dan tuning terpisah.

Processor ini sendiri punya kelebihan dalam mengatur equalizer, di mana pada processor bisa mengatur tingkat frekuensi hingga 16 band (10 Hz hingga 80 kHz). Dan biasanya sudah dilengkapi dengan time aligment, untuk mengatur komposisi penempatan speaker agar menciptakan panggung suara yang lebih baik dari sebelum menggunakan processor.