POPULAR STORIES

Borneo Tribute 2023 Tapak Tilas Jalur Camel Trophy 38 Tahun Silam

Borneo Tribute 2023 Tapak Tilas Jalur Camel Trophy 38 Tahun Silam

KabarOto.com - Penggemar offroad pasti tahu event legendaris Camel Trophy. Ini merupakan kiblat dari offroad adventure di seluruh dunia. Belum lama, dilangsungkan Borneo Tribute 2023, merupakan event tapak tilas jalur Camel Trophy 38 tahun lalu.

Sayangnya, dulu pada masa kejayaan Camel Trophy, Indonesia tidak bisa berpartisipasi. Karena pesertanya dipilih dari distributor rokok Camel di masing-masing negara. Masa itu, Camel tidak jualan di Indonesia.

Borneo Tribute 2023
Pelepasan peserta Borneo Tribute 2023 dari Balikpapan, menempuh medan off-road di Kalimantan Timur hingga 16 hari.

Walau begitu, jejak sejarah Camel Trophy pun terus membekas di Tanah Air. Akhirnya jadi pemicu untuk membuat event dengan konsep Tribute to Camel Trophy. Dan sudah sukses berlangsung di tahun 2022 dengan tajuk Sumatra Tribute, tapak tilas jalur Camel Trophy 1981 di Sumatera.

Event penghormatan untuk Camel Trophy ini pun berlanjut di Kalimantan. Dengan tajuk Borneo Tribute 2023 yang berlangsung pada 20 May - 4 Juni 2023. Star dari Balikpapan finish Samarinda, Kalimantan Timur, tempuh petualangan hingga 1.800 km.

Peserta Borneo Tribute 2023 taklukan jalur berat di Kalimantan
Lumpur dalam dan lengket sudah menyambut peserta Borneo Tribute 2023 sejak hari pertama di daerah Bangkirai.

"Ini merupakan event terberat sepanjang sejarah Camel Trophy. Karena semua kendaraan peserta harus dievakuasi pakai helikopter," kata Greefion Kamil, Ketua Panitia Borneo Tribute.

Ada 25 kendaraan peserta yang terdaftar dari berbagai wilayah Indonesia. Bahkan ada 8 peserta asing yang ikut berpartisipasi. Peserta luar negeri tersebut dari Jepang, Amerika, Australia dan Malaysia.

Sama seperti tahun sebelumnya, Tribute to Camel Trophy ini menggandeng sponsor utama PT Elangperdana Tyre Industry. Sebagai pemasok ban Accelera dan Forceum. Tahun sebelumnya menggunakan Accelera MT-01, kini ganti menggunakan ban Forceum MT-08 265/75-R16.