Bottas Gagal Finish, Lewis Hamilton Raih Pole di Kualifikasi GP Australia

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 25 Mar 2018 - 09:30
Bottas Gagal Finish, Lewis Hamilton Raih Pole di Kualifikasi GP Australia
Lewis Hamilton (Foto: Mark Thompson/Getty Images AsiaPac)

KabarOto.com - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton jadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi hari terakhir GP Australia, Sabtu (24/03) . Nantinya, Hamilton akan start dari posisi terdepan dalam race perdana Formula One (F1) 2018, di Sirkuit Albert Park Melbourne, pada Minggu 25 Maret 2018. Sementara rekan setimnya di Mercedes, Valteri Bottas mengalami kecelakaan di Q3 dan harus menyelesaikan balapan lebih awal.

Sesi kualifikasi yang berlangsung pada siang hari tersebut, Hamiton sukses merebut posisi pole ketujuh di GP Australia dengan mengalahkan dua pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel. Dari Q1 hingga Q2, Hamilton terlibat pertempuran sengit dengan Kimi dan Vettel, hingga dirinya sukses mencatatkan waktu 1 menit 21,164 detik, tercepat sepanjang sejarah F1 di Melbourne.

Posisi kedua ditempati pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, yang finish lebih lambat sepersepuluh detik dari Hamilton. Menyusul di posisi ketiga ada nama Sebastian Vettel dengan catatan waku 1 menit 21,838 detik.

Baca Juga: Vettel Siap Bayar Tuntas Kekalahan Musim Lalu dari Hamilton

Drama kualifikasi terjadi saat Valtteri Bottas mengalami kecelakaan hebat di awal Q3. Pembalap Mercedes itu melebar di tikungan pertama, menginjak rumput, dan melintir dalam kecepatan tinggi ke dinding pembatas di luar tikungan 2.

Bottas bisa keluar kokpit tanpa cedera serius, tapi bagian belakang mobil Mercedes W09 EQ Power+ mengalami kerusakan parah. Termasuk sayap belakang yang terlepas dan banyaknya serpihan memaksa sesi dihentikan dengan bendera merah. Bottas menjadi satu-satunya pembalap yang gagal finish dari total 10 pembalap yang berlaga di sesi kualifikasi.

Baca Juga: Toto Wolff: Hamilton Bisa Saja Hengkang ke Ferrari

Posisi keempat dan kelima ditempati dua pembalap tim Red Bull, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo. Max Verstappen mengisi posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 21,879 detik. Sementara Ricciardo mencetak waktu tercepat kelima, tapi akan start dari posisi delapan akibat penalti turun tiga grid.

Kevin Magnuseen dan Romain Grosjean dari tim Haas berhasil menempati posisi keenam dan ketujuh. Sementara posisi kedelapan dan kesembilan ditempati oleh dua pembalap Renault, Nico Hulkenberg dan Carlos Sainz Jr.

Race perdana Formula One (F1) 2018 akan diselenggarakan di Sirkuit Albert Park Melbourne, Australia, Minggu 25 Maret 2018. Balapan akan dimulai pukul 4 sore waktu setempat (jam 6 pagi waktu Inggris).

Editor : rio