POPULAR STORIES

BSN Akan Menggelar Electric Vehicle Standars Expo 2022 Di Yogyakarta

BSN akan Menggelar Electric Vehicle Standars Expo 2022 di Yogyakarta Hyundai menjadi Agen Pemgang Merek Electric Vehicle Standards Expo (EVSE)

KabarOto.com - Badan Standardisasi Nasional (BSN) akan menggelar Electric Vehicle Standards Expo (EVSE) 2023, pada 12 – 14 Juli 2023 di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Event ini merupakan kampanye kendaraan listrik, dan mengedukasi pentingnya standardisasi, untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kualitas produk melalui penerapan SNI kendaraan listrik.

Instansi pemerintah dan swasta, akan diundang untuk ukut serta dalam pameran ini. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, kerja sama dan layanan informasi BSN, Zul Amri (22/02/2023) di Jakarta, menerangkan, event ini sebagai bentuk dukungan implementasi Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Baca Juga: Partisipasi Honda Di Acara Electric Vehicle Funday Bandung

Volta motor listrik yang ikut serta dalam pameran BSN (Foto: BSN)

“Event ini kami manfaatkan untuk menggaungkan pentingnya penerapan SNI pada produk kendaraan listrik, sehingga konsumen merasa aman dan nyaman untuk menggunakannya," terang Zul.

Kampanye kendaraan listrik dan pentingnya standardisasi ini, sudah pernah dilakukan BSN pada tahun 2019 di Semarang, Jawa Tengah dan pada tahun 2021 di Bandung, Jawa Barat.

Saat itu, BSN bersama-sama industri kendaraan listrik, melakukan kegiatan konvoi dan pameran kecil berkeliling kota Semarang. "Bandung tidak kami lakukan, karena masih Pandemik Covid-19, kondisi belum normal," tambahnya.

Kegiatan tersebut berhasil menampilkan prouk-produk kendaraan listrik, dan masyarakat mendapat pengalaman langsung dapat mencoba produk yang dipamerkan.

Direktur Utama PT. Fery Agung Corindotama (Feraco), M. Ruslim yang dipercaya BSN sebagai kolaborator dalam melaksanakan kegiatan EVSE 2023 ini mengatakan, event ini punya ciri khas tersendiri.

Menurut Ruslim, kegiatan EVSE 2023 akan menjadi agenda EV menarik, karena akan diselenggarakan bersamaan kegiatan pengadaan barang atau jasa pemerintah tahunan, yaitu Government Procurement Forum and Expo (GPFE), yang sudah sukses diselenggarakan sejak tahun 2016.

Baca Juga: Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Kapan Bakal Debut Di Indonesia?

“Tahun kemarin peserta dan pengunjung GPFE mencapai 3 ribuan orang yang berasal dari pejabat pengadaan pemerintah pusat dan daerah. Jumlah ini tentunya akan menjadi potensi pengunjung di agenda EVSE 2023 juga,” ujarnya. Ruslim berharap, melalui kegiatan-kegiatan tersebut akan tercapai target yang maksimal.