POPULAR STORIES

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Kapan Bakal Debut Di Indonesia?

Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Kapan Bakal Debut di Indonesia? Kipli/ Toyota

KabarOto.com - Penjualan mobil listrik di Indonesia kini merangkak naik seiring gempuran para Agen Pemegang Merek (APM), dan infrastruktur yang semakin berkembang di Tanah Air.

Sebut saja Battery Electric Vehicle (BEV), Plug in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hibrida, hingga Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) mulai bermunculan di pasar otomotif sebagai opsi para pecinta otomotif.

Jika Sobat KabarOto familiar dengan kendaraan penggerak hibrida, PHEV dan BEV, maka ada FCEV yang disinyalir bakal ikut meramaikan pasar otomotif 0 emisi di masa depan.

"FCEV menggunakan motor listrik yang akan digerakkan oleh sistem konversi dari hidrogen atau air, jadi hasil dari pembuangannya pun 0 emisi," ujar Nathasya Natalia selaku Corporate Public Relations at PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Baca juga: Dibanderol Rp12 Jutaan, Ini Spesifikasi Head Unit Mirai Model Tesla Dari Asuka

Penjelasannya, Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) adalah kendaraan bebas polusi tenaga listrik yang dihasilkan oleh hidrogen yang disimpan di dalam kendaraan dan udara di atmosfer.

FCEV menggunakan hidrogen sebagai sumber energi untuk menghasilkan listrik dari sistem sel bahan bakar.

Mengingat hidrogen sebagai bahan bakar yang terus disimpan di Bumi, dan proses produksi energi yang ramah lingkungan, teknologi ini berpotensi untuk dimanfaatkan di seluruh industri termasuk otomotif.

Berkaitan dengan FCEV, Toyota pun memiliki produk Mirai yang bekerja dengan sistem tersebut. Namun, mengapa belum dipasarkan secara resmi di Indonesia?

Baca juga: Toyota Yakin All New Vios Gairahkan Pasar Sedan Di Indonesia

"Kita pasti inginnya segera memasarkan di Indonesia, namun dinilai dari infrastruktur secara keseluruhan, Pihak kami belum ada rencana lebih lanjut dalam jangka waktu dekat ini," ujar Thasya.

Meski demikian, Ia mengatakan bahwa Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) berencana untuk melakukan riset dan pengembangan lebih lanjut terkait infrastruktur tipe FCEV itu di fasilitasnya.

"Di XEV Center, Karawang ini kami punya fasilitas khusus untuk pengembangan FCEV, harapannya tidak hanya berguna bagi pengembangan kendaraan kami saja, namun juga untuk lingkungan," tutupnya.