Buas Nih, Subaru BRZ Pakai Mesin V8, Tenaga Naik 380 Dk!

Buas Nih, Subaru BRZ Pakai Mesin V8, Tenaga Naik 380 dk!

KabarOto.com – Mungkin Sobat KabarOto pernah melihat video tentang Scion FR-S yang di-swap engine menggunakan mesin Ferrari 458 Italia. Modifikasi gokil tersebut dilakukan drifter terkenal asal Amerika, Ryan Tuerck, sekaligus memberikan nama mobil tersebut GT4586.

Kali ini ada modifikasi yang cukup hedon lagi, tidak kalah dengan GT4586. Masih mengusung mesin V8, namun bukan dari Ferrari melainkan dari kepunyaan Corvette. Mobil yang menjadi basis adalah Subaru BRZ, proyek modifikasi ini digarap oleh BrillSteel Motorsport.

Baca Juga: Berkat Audiofrog, Tata Suara Mitsubishi Xpander Ini Serasa Nonton Konser Live

Mesin yang digunakan pada mobil ini diambil dari Corvette, seri LS3 V8 berkapasitas 6.200 cc. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 572 dk dan torsi sebesar 912 Nm, kekuatan otot Amerika!

Hal tersebut berbanding terbalik tenaga bawaan asli BRZ yang menggunakan mesin boxer FA20, 4 silinder yang ‘hanya’ berkapasitas 2.000 cc N/A. Mesin ini ‘hanya’ bisa menghasilkan 197 dk dan torsi 205 Nm.

Mesin gokil bertenaga 572 dk untuk Subaru BRZ yang terbilang enteng

Kenaikan tenaganya sampai 380 dk, lalu torsi naik hingga 700 Nm! Jika dibandingkan, tenaga tersebut sudah bisa disetarakan dengan supercar McLaren 570s, yang memiliki tenaga 562 dk dan torsi 600 Nm. Dalam keadaan standar, mobil tersebut dapat mencapai 100 kpj hanya dalam 3,2 detik dengan top speed 328 kpj.

Dari hasil standar 570s, dapat dilihat tenaganya masih di bawah BRZ milik BrillSteel, namun sudah menghasilkan catatan angka performa yang cukup wah. Bagaimana dengan hasil performa BRZ tersebut?

Tidak hanya sektor mesin saja yang dioprek, juga sisi tampilan. Walau mesin yang digunakan sudah besar dan tenaga gokil. Tampilan BRZ ini masih terbilang cukup rapi untuk tampilannya.

Menggunakan body kit Rocket Bunny, mobil ini masih terlihat clean dengan overfender dan ducktail besar khas Rocket Bunny. Ada juga kap mesin yang sudah diganti dengan 2 ventilasi udara. Lengkapnya lagi, bodi yang sudah apik tersebut juga dipecantik dengan finishing warna abu-abu tua doff yang memberi kesan gagah.

Baca Juga: Honda Civic Type-R EK9 Ini Jadi Mobil Langka Di Indonesia

Sektor kaki-kaki, mobil ini menggunakan pelek 19 inci dari NTM Wheels, yang dibalut ban Pirelli P Zero. Tentu sudah menggunakan lowering kit suspension.

Mau tahu suara meraungnya dari mesin V8 BRZ ini? Yuk lihat videonya, suaranya sangar banget. (Deddy Darmanto)