POPULAR STORIES

Budi Luhur Kembali Uji Motor Sport Listrik, Performa Lebih Meningkat

Budi Luhur Kembali Uji Motor Sport Listrik, Performa Lebih Meningkat M. Galih Aji Prakoso saat menguji motor listrik BL-SEVO1

KabarOto.com - Setelah beberapa waktu lalu melakukan test ride perdana denan hasil kurang memuaskan, Universitas Budi Luhur kembali melakukan test ride BL-SEV01, motor sport listrik buatan mereka, di Sirkuit Sentul, Jawa Barat, Selasa kemarin (20/04).

Pembalap profesional sekaligus Alumni Universitas Budi Luhur M. Galih Aji Prakoso kembali didaulat untuk menjajal motor ini. Galih langsung melakukan uji coba dengan memaksimalkan BL-SEV01 selama 10 putaran dan hasilnya performa meningkat jauh jika dibandingkan dengan test ride pertama pada awal tahun 2021.

Baca Juga: Universitas Budi Luhur Dan Katros Garage Ungkap Kendala Bikin Motor Listrik

Kondisi BL-SEV01 tidak mengalami permasalahan apapun

Usai melewati 10 putaran, motor langsung masuk ke pit stop untuk melakukan pengecekan kondisi dan performa baterai, Kepala pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur, Sujono memastikan kondisi BL-SEV01 tidak mengalami permasalahan apapun, dan performa bisa meningkat dengan baik.

"Perubahan di sektor kaki-kaki ini berpengaruh banyak terhadap performa BL-SEV01," terangnya. Termasuk meningkatkan top speed BL-SEV01 dari 100 kpj menjadi 135 kpj.

Beberapa bagian yang menjadi perhatian dalam pengembangan kali ini, meliputi kaki-kaki seperti gear set, suspensi, ban, dan swing arm.

”Pengetesan pertama mengalami kendala di bagian Kaki-kaki karena tidak cukup mumpuni menopang tenaga motor listrik yang cukup besar," terangnya. Usai menjalani tes sesi pertama, motor langsung dilakukan riset di Laboratorium Fakultas Teknik Elektro Universitas Budi Luhur, untuk disempurnakan selama dua bulan lebih.

Baca Juga: BL-SEV01 Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Diperkenalkan

M. Galih Aji Prakoso tes rider motor ini mengatakan, rasa lebih percaya diri percaya diri, karena motor listrik BL-SEVO1 lebih mumpuni di test ride kedua ini. Handling BL-SEV01 lebih meningkat drastis dan stabil. "Khususnya kemampuan melewati tikungan lebih stabil untuk dibawa rebah, tambahnya. Dia pun mengaku, baru pertama mencoba motor listrik sport di lintasan balap.