Universitas Budi Luhur Dan Katros Garage Ungkap Kendala Bikin Motor Listrik

Universitas Budi Luhur dan Katros Garage Ungkap Kendala Bikin Motor Listrik

KabarOto.com - Universitas Budi Luhur membuat motor listrik bergaya cafe racer dengan nama BL SEVO1. Pihak kampus yang berada di kawasan Ciledug, Tangerang ini, mengaku motor listrik buatannya bisa masuk di segmen balap.

Karena, dari hasil uji coba, baterai penuhnya bisa menempuh jarak 110 sampai 120 km. Nah kecepatannya di atas motor listrik pada umumnya, yaitu bisa melaju 130-160 kpj.

Baca Juga: BL-SEV01 Motor Listrik Buatan Universitas Budi Luhur Diperkenalkan

Universitas Budi Luhur sendiri selaku pembuat motor listrik, didukung oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Katros Garage sebagai desainnya menyatakan ada beberapa kendala yang dihadapi.

BL SEVO1 Buatan Universitas Budi Luhur

Ketua Pusat Studi Kendaraan Listrik Universitas Budi Luhur Sujono menerangkan, meski sebelumnya sudah membuat motor listrik, namun kali ini tidak mudah membuat yang mampu melaju dengan cepat, ada kendala teknis yang dihadapi.

“Kami kerjakan saat masa pandemik, hambatan teknis seperti pengadaan barang. Beberapa sempat terhenti," terangnya, Kamis kemarin (14/01).

Baca Juga: Universitas Budi Luhur Tampilkan Motor Listrik UBL CEV01 Bergaya Zoomer

Sementara itu, Andi 'Atenx' Akbar Builder Katros Garage, yang dipercaya untuk mendesain motor ini mengungkapkan tantangan. Menurutnya, sangat jarang mengerjakan motor listrik, biasanya selalu motor konvensional. Dia pun merancang sasis dan kaki-kaki yang semuanya dibuat baru.

"Kita buat sasis dan kaki-kaki motor untuk listrik balap BL SEVO1, bukan restorasi. Awalnya agaj kesulitan, karena ini hal yang baru. Semua pembuatan motor ini tidak mudah," tambah Atenk lagi.

BL SEVO1 adalah sepeda motor listrik bergaya cafe racer namun dirancang untuk balap, dibekali dengan dinamo penggerak BLDC bertenggan 96 volt. Baterainya lithium ion dengan kapasitas maksimum 200 Ah. BMS berkapasitas maksimum 200 A, termasuk juga controlernya.