POPULAR STORIES

Bukan Transaksi Dan Jumlah Pengunjung, Ini Tujuan GIIAS 2018

Bukan Transaksi dan Jumlah Pengunjung, Ini Tujuan GIIAS 2018 Peluncuran BMW i8 (KO/Edo)

KabarOto.com - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 telah berlangsung pada 2 – 12 Agustus 2018. Pameran otomotif, yang sebelumnya secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo tersebut, tahun ini hadir dengan mengusung tema "Beyond Mobility".

Tema tersebut diartikan sebagai sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor dari sebuah alat transportasi menjadi sebuah alat untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Untuk itu, GIIAS 2018 mengajak Agen Pemegang Merek (APM) otomotif di Indonesia untuk menghadirkan kendaraan terkini, kendaraan konsep, dan teknologi terkini, sehingga masyarakat dan pelaku industri otomotif di Indonesia memiliki pemahaman yang lebih mengenai pesatnya kemajuan industri otomotif nasional dan otomotif global.

Pengunjung GIIAS 2018

Salah satu catatan positif GIIAS pada tahun ini adalah kehadiran 47 kendaraan baru dan juga kendaraan konsep diluncurkan pada hari pertama GIIAS 2018. Dua di antaranya adalah world premiere passenger car & concept car.

Namun, sejak tahun lalu GIIAS tidak mempublikasikan detil pengunjung dan transaksi.

Baca juga: Detailnya Lexus ES 300h, Bikin Setirnya Saja Butuh 38 Hari

Pihak penyelenggara beralasan, karena GIIAS bertujuan sebagai ajang yang memberikan informasi tentang perkembangan terkini dari industri otomotif Indonesia kepada masyarakat, dan melihat bahwa angka pengunjung maupun transaksi bukan merupakan tolak ukur keberhasilan sebuah pameran.

“Kenyamanan pengunjung menjadi kepedulian utama Gaikindo, dan kami lihat selama penyelenggaraan GIIAS 2018 pengunjung tetap terus memadati area pameran sejak pagi hingga malam dalam suasana yang lebih nyaman,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Meski begitu, Nangoi tidak memungkiri bahwa transaksi juga terjadi sepanjang pelaksanaan GIIAS 2018, namun bukan merupakan tujuan utama dari penyelenggaraan pameran.

Tahun ini lebih banyak kendaraan konsep yang dihadirkan, sehingga dapat memberikan gambaran dan edukasi mengenai kendaraan masa depan.

Selain mobil dan kendaraan komersial, tahun ini GIIAS juga mencatat peluncuran total 9 motor baru dan konsep, yang dihadirkan oleh 11 merek sepeda motor peserta GIIAS 2018.