POPULAR STORIES

Buktikan Baterai Wuling Air EV Tahan Air, Langsung Direndam!

Buktikan Baterai Wuling Air EV Tahan Air, Langsung Direndam! Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Pertanyaan terbesar jika membeli sebuah mobil listrik ialah apakah baterainya tahan air? Apalagi kondisi jalan dan cuaca di Indonesia terkadang sulit ditebak. Rasa khawatir pun datang saat mobil melewati banjir atau genangan air cukup tinggi.

"Baterai Air ev telah melewati berbagai pengujian dengan hasil yang memuaskan. Pengujian tersebut bertujuan untuk memastikan keamanan serta ketahanan baterai dalam berbagai kondisi pengoperasian," ujar Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Baterai Air EV langsung direndam di aquarium besar di GIIAS 2022.

Sumber listrik Air EV menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dengan jarak tempuh hingga 200 km. Lalu lebih besar berkapasitas 26,7 kWh di tipe Long Range yang klaimnya dapat tempuh hingga 300 km saat terisi penuh.

Baca juga: Cara Kerja Teknologi Hybrid E:HEV Milik Honda

Wuling juga mengklaim kalau sebelum dipasarakan, pihaknya sudah melakukan berbagai tes pengujian baterai tersebut. Tercatat ada 16 jenis pengujian seperti tes jatuh, rotasi berulang-ulang, kebakaran, rendaman air, benturan, hingga getaran. Semuanya demi memastikan baterai aman digunakan dalam kondisi pemakaian sehari-hari.

Bahkan uji kecelakaan pada percepatan hingga 28G dari satu titik ke titik lainnya, lalu flip test di mana membuat kondisi mobil terbalik pun dilakukan sebagai salah satu tes. Hasilnya, baterai Air ev berhasil melewati beragam tes tersebut dengan kondisi baik dan utuh serta masih berfungsi normal.

Baca juga: Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Yang Nanti Tak Terpakai Lagi, Bagaimana Nasibnya?

Selain itu dalam pembeliannya, Wuling menyediakan garansi komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120.000 km.

Adapun garansi reducer, power distribution unit dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100.000 km. Wuling juga memberikan gratis biaya jasa perawatan berkala bagi konsumen Air ev hingga 2 tahun atau 100.000 km, keseluruhan garansi diatas berlaku syarat dan ketentuan serta mana yang tercapai lebih dulu.