POPULAR STORIES

Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Yang Nanti Tak Terpakai Lagi, Bagaimana Nasibnya?

Baterai Suzuki Ertiga Hybrid yang Nanti Tak Terpakai Lagi, Bagaimana Nasibnya? Foto: Kipli

KabarOto.com - Baterai lithium-ion memiliki masa pakai, menurut PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), salah satunya tergantung pada seberapa besar beban kerjanya.

Jika baterai lithium-ion pada kendaraan hybrid sudah habis masa pakainya, maka konsumen berkewajiban mengembalikan baterai lithium-ion ke bengkel resmi.

Baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai tersebut akan dikelola dan didaur ulang oleh perusahaan rekanan Suzuki yang bergerak di bidang pengolahan limbah B3.

Baca juga: Turun 32%, Begini Cara Suzuki Indomobil Sales Gairahkan Pasar Hatchback

Hal ini klaimnya lakukan sebagai bagian dari tanggung jawab perusahaan dalam mendukung dan menciptakan tata kelola limbah industri yang bertanggung jawab dan berorientasi pada lingkungan dan juga regulasi pemerintah.

Dalam proses pengelolaan baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai, bengkel resmi Suzuki yang menerima baterai dari konsumen akan mengirimkan baterai tersebut ke PT SIS.

Baca juga: Garansi Baterai Lithium-ion All New Suzuki Ertiga Hybrid Diumumkan Di GIIAS 2022

Kemudian PT SIS akan mengirimkan baterai lithium-ion ke lokasi penampungan, peleburan, dan pemanfaatan limbah oleh pihak ketiga sebagai badan usaha yang klaimnya sudah memiliki izin resmi dalam penanganan limbah B3.

“Untuk mendukung komitmen Suzuki dalam menciptakan tata kelola limbah yang bertanggung jawab, kami mengimbau kepada seluruh pemilik All New Ertiga Hybrid untuk mengganti baterai lithium-ion yang sudah tidak terpakai di diler atau bengkel resmi Suzuki terdekat,” ujar Adhi Prasojo selaku 4W Technical Service Section Head PT SIS.