POPULAR STORIES

Bulan Depan, Piaggio Mulai Produksi Skuter Listrik

Bulan Depan, Piaggio Mulai Produksi Skuter Listrik Vespa Elettrica (Piaggio)

KabarOto.com - Pabrikan skuter asal Italia, Piaggio dikabarkan sedang mempersiapkan skuter tersebaru, yang dibuat untuk bersaing di pasar motor listrik.

Rencananya, produk yang diberi nama Vespa Elettrica ini, mulai diproduksi pada bulan September 2018 mendatang. Dalam keterangan resminya, Piaggio mengatakan, Vespa listrik ini bakal di produksi di pabrik Pontedera, tempat yang sama dengan produksi skuter pertamanya pada 1946.

Bagian roda belakang lebih ringkas, tanpa adanya knalpot

Vespa Elettrica akan menggunakan motor listrik berkapasitas 4,2 kWh. Untuk baterai, seperti dikutip dari laman Digitaltrend, akan dibekali dengan Li-ion, yang dapat dipakai hingga menempuh jarak 96 km dalam sekali pengisian.

Skutik ini juga dilengkapi dengan dua mode berkendara, yaitu Eco dan Power. Pada mode Eco, kecepatan maksimumnya dibatasi 30 km/jam dengan alasan pengehematan baterai. Piaggio mengklaim, bahwa skuter listrik ini punya performa yang mirip dengan skuter 50 cc.

Canggihnya, Vespa membekali skuter listrik ini dengan teknologi kecerdasan buatan. "Vespa Elettrica akan siap dalam waktu dekat dengan solusi yang saat ini sedang dikembangkan, seperti sistem kecerdasan buatan yang sama-sama adaptif dan responsif terhadap semua input manusia," tulis Piaggio dalam keterangan resminya.

Panel instrumen canggih yang dapat dioperasikan melalui joystik

Salah satu aplikasi teknologi tersebut, tercermin pada instrumen panel Vespa Elettrica yang mengandalkan layar TFT 4,3 inci full-color. Layar tersebut dapat dihubungkan dengan smartphone. Perangkat ini juga dapat dioperasikan dengan joystick pada handlebar kanan atau pun melalui voice command pengendara.

Baca juga: Ini Motor Gahar Jokowi Yang Dipakai Saat Pembukaan Asian Games 2018

Nantinya, setelah masuk ke jalur produksi, Piaggio akan membuka pemesanan Vespa Elettrica mulai Oktober 2018 untuk pasar Amerika Serikat dan Eropa. Sementara wilayah Asia, baru akan tersedia pada awal 2019. Untuk harganya, Piaggio memperkirakan Vespa Elettrica akan memiliki banderol diatas Rp 100 juta.