POPULAR STORIES

Bus Autonomous Yutong Tengah Uji Coba, Bagaimana Kecanggihannya?

Bus Autonomous Yutong Tengah Uji Coba, Bagaimana Kecanggihannya?

KabarOto.com – Sektor transportasi masa depan akan akan dihiasi oleh teknologi autonomous atau nirsopir. Tidak sedikit produsen mobil yang sudah menjalani serangkaian uji coba untuk menyempurnakan teknologi ini.

Salah satu produsen mobil itu adalah Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd. Yang tengah melakukan tahap pengujian transportasi nirsopir yang dilengkapi jaringan 5G selam dua bulan terakhir ini.

Insinyur Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd., Zhang Like mengatakan, “Kami memiliki 7 fungsi utama pada cloud control platform, termasuk cek kesehatan sendiri, parkir otomatis. Dimana fungsi parkir otomatis memungkinkan bus parkir sendiri tanpa pengemudi. Selain itu, ada fungsi cas otomatis, yang bekerja saat baterai bus sudah hampir habis, bus akan berpindah secara otomatis dari tempat parkir ke stasiun pengisian.”

Baca Juga : Wah, Bisa Tukar Tambah Mobil BMW Dari Semua Merek Di BMW Exhibition

Penumpang bisa mengakses fungsi intelligent call melalui satu sentuhan, fitur ini akan memanggil bus mini nirsopir untuk menjemput dan mengantar penumpang di area terminal. Bus Autonomous Yutong sudah terintegrasi dengan infrastruktur lalu lintas, seperti lampu lalu lintas.

Beragam informasi bisa didapatkan dari layar-layar yang ada di dalam bus, layar tersebut menampilkan kecepatan bus dan informasi waktu menunggu saat lampu lalu lintas berwarna merah.

Meskipun berteknologi autonomous dan 5G, bus ini masih memerlukan peran sopir untuk memenuhi regulasi yang berlaku.

“Peran penting sopir adalah sebagai memastikan keselamatan ketika bus menghadapi situasi darurat atau cloud control system. Sopir bisa mengambil alih kendali secara langsung,” jelas Qin Zhaodong, Insinyur Zhengzhou Yutong Bus Co., Ltd.,