Busi Bisa Apkir, Simak Tanda-tandanya

Busi Bisa Apkir, Simak Tanda-tandanya Foto: NGK, Istimewa

KabarOto.com - Komponen busi pada mesin jika rusak akan berdampak pada ketidaknyamanan Sobat Kabaroto saat berkendara. Parahnya lagi, busi mesin mobil yang rusak bisa mengakibatkan mesin kehilangan tenaga dalam kondisi tertentu.

Dampak lain yang ditimbulkan akibat busi mesin yang tidak baik akan membuat mesin menjadi pincang karena tenaga yang dikeluarkan tidak sama pada tiap silinder mesin. Dampak paling fatalnya adalah mesin mati.

Ada cara yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kerusakan atau masalah pada busi mobil, seperti;

Idle Pincang

Putaran mesin akan terasa tidak halus. Hal ini dapat dirasakan dari dalam kabin mobil. Dalam keadaan idle biasanya akan muncul getaran besar tak wajar yang menandakan busi bermasalah.

"Pada saat mencoba akselerasi akan terasa berat. Hal ini juga bisa menjadi petunjuk bahwa ada masalah dengan busi mobil, busi yang bermasalah akan menyebabkan akselerasi pada mobil menjadi terhambat karena mobil kekurangan tenaga. Hal ini disebabkan oleh busi mati," terang Shendy Andhika selaku Chief Mechanic S Motorsport.

Baca Juga: Dampak Telat Ganti Busi Bisa Kurangi Performa Kendaraan

Busi Gosong atau Kering

Sobat Kabaroto bisa mendeteksi apakah busi mobil masih layak pakai atau sudah harus diganti melalui warna busi tersebut.

"Apabila busi berwarna kecoklatan atau gosong, ini menandakan masa penggunaan busi hampir habis dan harus segera diganti. Jika warna busi cenderung putih kering, ini menandakan mesin mobil melakukan pemanasan berlebihan akibat kurangnya suplai bahan bakar, udara dan sistem pendinginan yang kurang baik," tutup ayah 2 anak itu.