Cadas, BMW E30 Ini Menggunakan 'Jantung' Jet Tempur

Cadas, BMW E30 Ini Menggunakan 'Jantung' Jet Tempur Mesin tersebut merupakan mesin jet TS-21 auxiliary power unit (APU) (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Modifikasi satu ini memang seakan tak masuk akal bagi orang awam. Bagaimana tidak, biasanya modifikator melakukan engine swap dengan mesin mobil lainnya. Namun kali ini justru sekumpulan orang di Rusia justru melakukan hal yang tidak lazim, pada BMW Seri 3 yang kini dibenamkam mesin pesawat tempur.

Salah satu pelopor proyek eksentrik ini adalah Igor Negoda, pemilik BMW seri 3 dengan kode E30 yang mencangkok mesin jet pada mobil kesayangannya. Mengutip laman Carscoops, mesin jet TS-21 memiliki output tenaga 60 dk dan torsi sebesar 400 Nm.

Baca Juga: Tumbangkan Conor McGregor Di UFC, Ini Mobil Andalan Khabib Nurmagomedov

Mesin tersebut merupakan mesin jet TS-21 auxiliary power unit (APU) yang merupakan mesin dari pesawat Mikoyan-Gurevich MiG-23. Pesawat ini berasal dari Rusia, yang diproduksi sejak tahun 1984 dan digunakan oleh beberapa negara untuk kebutuhan militer.

Igor mengatakan, jika saat turbin berputar 17.000 RPM, namun shaft-nya hanya berputar 1.200 RPM. Meskipun menggunakan mesin pesawat tempur, Igor tetap menggunakan transmisi bawaan BMW E30 melalui adapter yang Ia buat secara custom. Penasaran? Berikut video lengkapnya.