POPULAR STORIES

CAN Gandeng Peredam Mobil Z3RO Gelar Kontes Audio

CAN Gandeng Peredam Mobil Z3RO Gelar Kontes Audio Z3RO Car & AudioPlay 2018

KabarOto.com - Untuk menumbuhkan tren audio mobil yang saat ini cenderung lesu, seiring dengan teknologi hiburan di kendaraan yang kian canggih dan juga teknologi aplikasi gadget kini telah menyuguhkan konten hiburan musik. Car Audio Network (CAN) bersama peredam mobil Z3RO menggelar kontes audio yang dikemas dengan beragam acara menarik.

Kontes audio mobil bertajuk Z3RO Car & AudioPlay 2018 ini berlangsung pada Sabtu-Minggu (27-28/10) di Mangga 2 Square, Jakarta. Event ini menjadi bagian dari seri ke-19 di semua kompetisi CAN di Indonesia. Event ini sekaligus sebagai tolak ukur, di mana kontes ini bukan hanya sekadar menampilkan kontestan audio, namun juga beberapa agenda kegiatan lainnya.

Baca juga: Modifikasi Audio Lexus LX570: Tampil Standar Tapi Nendang

"Dengan terselenggaranya event ini, sebagai bentuk komitmen kami untuk membangkitkan ketertarikan masyarakat khususnya kalangan anak-anak muda, bagaimana berkreasi dan menyalurkan bakat seni mereka dalam meracik audio mobil," ungkap Wahyu Tanuwidjaja, Direktur PT Audioworkshop, distributor resmi peredam mobil Z3RO.

Wahyu pun menjelaskan, dunia audio mobil berdampak positif bagi bangsa Indonesia. Karena dapat menumbuhkan kreativitas melalui pemanfaatan perkembangan teknologi untuk menghasilkan karya seni.

Selain itu tambah Wahyu, dunia modifikasi dapat menumbuhkan roda ekonomi. Karena dengan menggeliatnya kegiatan kreatif di audio mobil, maka industri perangkat pendukung pun bergerak.

Untuk diketahui, modifikasi audio mobil terbagi dalam tiga aliran, yakni SQ (Sound Quality) yang mengutamakan kualitas suara khususnya pada aspek kejernihan (clarity), kedalaman (depth) bayangan suara (imaging), tata panggung (soundstage) dan lainnya.

Lalu, ada juga SPL (Sound Pressure Level) yang menekankan pada kekerasan suara yang diukur berdasar jumlah tekanan suara dengan satuan desibel (db). Terakhir, SQL (Sound Quality Loud) yang menggabungkan antara kualitas suara dengan volume yang besar.

Baca juga: Cara Mengubah Audio Mobil Yang Benar

“Nah, meskipun aliran ini masih terus hidup. Tetapi dari sisi regenerasi peminat atau penyuka audio ini ya segitu-segitu saja. Begitu juga dengan kontennya. Karena itulah, CAN dan Z3RO ini terus berusaha menggelar kontes,” tambah Wahyu.

Kontes modifikasi Z3RO Car & AudioPlay 2018 ini mengusung konsep fun dan menyuguhkan sesuatu yang berbeda. Karena ajang ini turut melibatkan Bursa Otomotif Mangga 2 Square (BOMS) dengan menghadirkan pameran mobil second terbaik.

Selain itu, mobil para peserta kontes audio juga bisa diikutsertakan pada kontes interior yang digawangi Indonesia Auto Trimer Summit (IATS). Penjurian kontes interior ini mengedepankan detail yang menjadi bagian dari edukasi bagaimana membuat interior yang benar di mobil.

Momentum Z3RO Car & AudioPlay 2018 juga menjadi jembatan perhelatan akbar CAN National Grand Final 2018 yang akan digelar Desember 2018 di Istora Senayan, Jakarta.

Perkembangan CAN yang pesat juga memicu kontes CAN hingga ke berbagai negara lain di luar Indonesia saja, seperti Malaysia, Singapore, Thailand, Taiwan, China, Philippines dan Korea Selatan. Mulai di tahun ini, CAN telah menelurkan satu kategori sebagai support untuk kemajuan Industri Car Audio di Indonesia bernama CAN Dance Competition perdana.