Cara Mengubah Audio Mobil Yang Benar

Cara Mengubah Audio Mobil yang Benar Cara Memasang Audio (audiodrive)

KabarOto.com - Walau pabrikan telah membekali mobil dengan audio, namun banyak pemilik yang menambahnya agar saat mendengarkan musik lebih asik. Sebagian justru merogoh kocek yang besar untuk memodifikasi audio. Namun, saat mengubah audio untuk lebih bagus, beberapa hal yang harus diperhatikan, jangan sampai malah merugikan.

Berikut hal yang perlu diperhatikan untuk mengubah audio mobil:

Sumber Listrik

Untuk mengubah audio, sebaiknya diambil dari aliran positif dan negatif. Pasang kabel audio dengan rapi, jika bisa tambah sekring khusus. Karena sekring ini akan memutuskan arus listrik ketika terjadi konsleting dan mengamankan sistem audio kendaraan saat terjadi arus pendek.

(Baca Juga : Hyundai akan Bekali Sunroof Mobil dengan Airbag)

Sumber Listrik untuk Audio (google)

Kabel

Sistem audio dihubungkan dengan kabel untuk menyalurkan daya listrik dari satu perangkat ke perangkat lain agar menghasilkan tata suara berkualitas.

Yang harus diperhatikan, kabel-kabel audio ini jangan terkelupas, kalau pun kabel harus di potong, maka ujung potongan kabel diisolasi dengan rapih agar tidak terjadi arus pendek. Kabel-kabel ini juga sebaiknya disusun secara rapih dan tidak bertumpuk.

(Baca Juga : Cek Kerusakan Power Steering dengan Cara ini)

Power Amplifier

Agar aki tidak bekerja terlalu berat dan gampang tekor karena menambah kebutuhan listrik, gunakan power amplifier. Piranti elektronik ini tidak membutuhkan daya secara konstan.


Pemasangan amplifier audio mobil (hoo-tronik)

Speaker dan subwoofer

Menambah jumlah speaker dan memasang subwoofer merupakan langkah paling efektif untuk meningkatkan kualitas sistem audio di mobil. Tetapi perlu diperhatikan perangkat ini wajib direkatkan ke struktur inti kendaraan secara erat dengan baut. Jangan gunakan double tape karena sewaktu-waktu bisa lepas.

Pemasangan Speaker Audio (lifewire)