POPULAR STORIES

Canggih... Helm Ini Bisa Menampilkan Pandangan 360 Derajat

Canggih... Helm Ini Bisa Menampilkan Pandangan 360 Derajat CrossHelmet X1 (Motorcycle)

KabarOto.com – Kemajuan teknologi saat ini berkembang lebih cepat dari sebelumnya, hampir semua lini kehidupan manusia sudah tersentuh teknologi canggih.

Sebut saja alat komunikasi, dan peralatan rumah tangga, bahkan kini kemajuan teknologi tersebut menghampiri perangkat pengaman kepala atau helm.

Seperti yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang berbasis di Tokyo, Borderless Inc. Dengan meluncurkan produk helm terbarunya, yang dinamakan CrossHelmet X1.

Bukan sembarang helm, karena pelindung kepala ini dapat menampilkan layar head unit display (HUD) dengan bidang pandang 360 derajat, serta kontrol suara lingkungan sekitar dan konektivitas Bluetooth ke ponsel pintar.

Adanya daya pandang seluas 360 derajat tersebut, berkat penggunaan kamera belakang pada CrossHelmet X1 dan kamera wide yang diletakkan di bagian depan helm.

Bordeless mengklaim, dengan adanya dua buah kamera tersebut, pengendara sepeda motor dapat melihat segala sesuatu yang terjadi di belakang dan sampingnya. Sehingga dapat mengurangi titik blind spot yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan.

Tak hanya itu, helm canggih tersebut juga dapat menampilkan informasi lainnya, sebut saja kecepatan, arah kompas, cuaca, waktu hingga navigasi.

Bila disambung ke ponsel pintar melalui bluetooth, pengendara juga dapat mendengarkan musik, bahkan melalukan panggilan telepon dengan suara yang jernih.

Seperti yang sudah disebutkan tadi, salah satu fitur yang menarik dari CrossHelmet adalah sistem kendali kebisingan, atau yang disebut CrossSound Control. Fitur ini dirancang untuk mengurangi atau meningkatkan suara dari lingkungan sekitar pengendara, sesuai kebutuhan.

Fitur ini dapat menyaring suara bising dari mesin, sirine, bahkan angin, sehingga dapat membuat pengendara sepeda motor semakin nyaman.

Baca juga: Piaggio Indonesia Pamerkan Vespa Sei Giorni di Pondok Indah Mall

CrossHelmet X1 juga telah memenuhi standar keamanan DOT, ECE, dan JIS dan sebagai sumber daya listriknya, menggunakan baterai lithium-ceramic solid-state, yang telah dirancang secara khusus agar tidak akan meledak tiba-tiba.