Cara Bersihkan Jok Mobil Sesuai Materialnya

Cara Bersihkan Jok Mobil Sesuai Materialnya

KabarOto.com - Kabin bersih membuat berkendara semakin nyaman. Sedapat mungkin bagian kabin kendaraan tetap terjaga pada saat berada dalam perjalanan harian maupun dalam menempuh jarak yang relatif jauh.

Umumnya para pengguna kendaraan mengkonsumsi makanan dan minuman saat dalam perjalanan. Baik itu makanan kering ataupun basah. Apalagi jika di dalam mobil terdapat balita (bayi di bawah 5 tahun). Namun, yang kerap terjadi saat mengkonsumsi makanan atau minuman saat perjalanan adalah terjatuhnya makanan atau minuman hingga menodai material yang ada di dalam kabin.

Bila tidak segera dibersihkan, tidak hanya timbul noda, tetapi juga dapat menimbulkan bau kurang sedap di dalam kabin. "Apalagi untuk makanan tertentu terutama yang basah atau mengandung cairan dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman," tukas Samsudin selaku Aftersales Astra Peugeot.

Baca juga: Tips Hindari Waterspot Di Kaca Mobil Sobat

Jika hal tersebut dialami, para pemilik kendaraan tidak perlu panik. Apalagi jika bekas tumpahan masih baru dan belum lama mengering. Sebelum timbul bau tidak sedap, segera lakukan pembersihan noda bekas tumpahan dengan melakukan langkah-langkah seperti ini.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membersihkan jika yang ternoda adalah bagian kursi atau jok di dalam kendaraan. Ada dua jenis material jok yang biasa digunakan, yakni kain (beludru) dan kulit. Keduanya perlu perawatan berbeda dan jangan sampai salah menggunakan jenis pembersih yang dapat merusak kontur jok mobil.

Membersihkan noda pada jok mobil berbahan kain, sebaiknya menggunakan deterjen yang lembut, dengan lebih dulu bersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. "Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu di-vacuum cleaner hingga tidak ada bekas kerak noda," imbuhnya.

Baca juga: Tips Agar Mekanisme Mobil Selalu Sehat

Lalu campurkan detergen dengan air hangat. Kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok tidak terlalu basah, selanjutnya endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

Sedangkan jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan. Namun juga tidak boleh sembarangan dalam merawatnya. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga dapat membersihkan dengan air detergent.

“Selanjutnya memberikan kondisioner atau cairan khusus untuk jok berbahan kulit. Perawatan jok berbahan kulit memang butuh penanganan yang khusus,” tutupnya.