POPULAR STORIES

Cara Menghindari Jalan Bergelombang Yang Aman Saat Kendarai Motor

Cara Menghindari Jalan Bergelombang yang Aman Saat Kendarai Motor Pengendara sepeda motor melintasijalan bergelombang (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Saat mengendarai sepeda motor terkadang menemukan permukaan jalan yang tidak rata atau bergelombang. Kondisi ini membuat pengendera wajib berhati-hati melewatinya, jika tidak bisa membuat celaka.

Menghindar tiba-tiba karena mendadak ada permukaan jalan rusak berpotensi menyebabkan terjadi kecelakaan, terutama bila pengendara motor atau pengemudi mobil di belakang tidak memiliki jarak yang cukup untuk menghindar.

Baca Juga: Tips Merawat Sokbreker Motor Agar Tetap Nyaman Digunakan

Oke Desiyanto, Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jawa Tengah menjelaskan, jika melintasi permukaan jalan rusak dengan situasi tidak bisa dilalui dengan kecepatan ekstra rendah, disarankan menggunakan teknik berkendara dengan postur tubuh setengah berdiri.

Berikut teknik untuk menyeimbangkan motor di jalan rusak atau tidak rata:

Pengendara sepeda motor sering dihadapkan pada jalan bergelombang (Foto: Istimewa)

1. Tetap mengurangi kecepatan kendaraan tanpa mengganggu keamanan (angka kecepatan masing-masing orang bisa berbeda dan menyesuaikan situasi dan kondisi). Mengurangi kecepatan secara wajar menggunakan hanya rem belakang saja atau dibantu kombinasi dengan rem depan jika jarak sudah dekat, hindari kecepatan turun secara drastis.

2. Angkat badan berfungsi untuk mencegah goncangan dari motor karena melalui jalan yang tidak rata diteruskan ke badan pengendara yang berdampak mengganggu konsentrasi berkendara. Pastikan tangan tetap lincah menguasai gerak stang ke kanan dan kiri.

Pedoman postur ini adalah saat berdiri beban tubuh harus bertumpu di lutut (telapak kaki difootstep / floorstep), gunakan lutut sebagai lengan ayun/peredam guncangan dari kendaraan. Pastikan seluruh jemari memegang batang kemudi dan juga mudah meraih tuas – tuas.