POPULAR STORIES

Cara Merawat Baterai Mobil PHEV Saat Disimpan Di Garasi

Cara Merawat Baterai Mobil PHEV Saat Disimpan di Garasi Outlender PHEV (KO/Edo)

KabarOto.com - Tak terasa, sudah tiga bulan lamanya masyarakat Indonesia menjalani imbauan dari pemerintah untuk melakukan aktivitas #DiRumahAja, agar penyebaran Virus Covid-19 tidak semakin meluas.

Efeknya, kendaraan yang biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari, seperti ke kantor pun harus berdiam di garasi. Nah, untuk pemilik mobil konvensional mungkin sudah sering mendapati berbagai tips, merawat kendaraan di saat pandemi seperti saat ini.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Namun, bagaimana untuk perawatan mobil PHEV (plug-in hybrid) seperti Outlander PHEV terutama untuk kondisi baterainya? Sebagai mobil hybrid yang menggabungkan mesin bensin dengan motor listrik, mobil PHEV tentu memiliki cara perawatan yang berbeda.

Boediarto selaku Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengatakan, untuk perawatan baterai Outlander PHEV atau mobil listrik harus dihindari persentase baterai dalam kondisi rendah.

Lakukan pengisian dengan arus rendah

"Sebaiknya dijaga agar persentase baterai di kondisi 40% sampai 60%, apalagi ketika mobil tidak digunakan dalam waktu lama," ujar Boediarto.

Meski begitu, tidak ia juga tidak merekomendasikan baterai dalam kondisi penuh, saat mobil disimpan dalam waktu lama.

Hal tersebut, harus dilakukan agar mencegah kerusakan baterai. "Untuk itu, bagi pemilik mobil PHEV diharapkan rutin memeriksa pengukur tingkat energi," jelas Boediarto.

Menggunakan dua sumber tenaga

Saat melakukan pengisian baterai, sebaiknya menggunakan arus rendah (home charging) saat mobil hanya parkir lama, atau bisa juga dengan menyalakan mesin bensin dengan mengatur ke mode power supply.

Baca Juga: Mobil Baru Dengan Diskon Di Atas Rp 100 Juta

"Jika kondisi baterai kosong, harus diisi dayanya sampai naik. Bisa mengisi daya dari tenaga mesin dengan mengatur mode power supply ke status 'READY' kemudian tunggu hingga mesin berhenti secara otomatis, selanjutnya matikan mode power supply dari sakelar motor listrik," jelas Boediarto.

Selanjutnya, perhatikan lokasi parkir. Sebaiknya hindari parkir di lokasi dengan temperatur tinggi dan terkena sinar matahari langsung. "Pasalnya, lokasi yang panas akan mempengaruhi kapasitas baterai serta masa pakainya," pungkasnya.