Cara Merawat Sokbreker Belakang Motor

Cara Merawat Sokbreker Belakang Motor cara membersihkan sokbreker belakang motor (KabarOto/Ahmad Djainudin)

KabarOto.com - Sokbreker memiliki fungsi dan peran penting pada sebuah sepeda motor, dimana fungsi utamanya sebagai peredam guncangan dan menjaga kestabilan kendaraan saat digunakan.

Baca Juga: Teknik Membuat Pelek Melayang, Ini Penjelasannya

Salah satu faktor keselamatan dan kenyamanan sebuah kendaraan terdapat pada sokbreker. Jadi penting untuk merawat dan memperhatikan keadaan sokbreaker, baik depan dan belakang, agar terhindar dari kerusakan, seperti bocor.

"Sokbreker rusak biasanya karena kotoran yang menyumbat pada bagian seal, karena gesekan naik-turun sokbreker tersebut, mengakibatkan karet seal sokbreker sobek," ungkap Parmo, mekanik di bengkel AHASS 0626 Agung Motor, Jl. Raya Bekasi Tipar Cakung kepada KabarOto Jumat 2/3/2018.

Lalu bagaimana merawatnya? Berikut ini tips membersihkan sokbreker belakang, untuk kenyamanan berkendara.

1. Langkah awal siapkan air yang telah dicampur dengan sabun, busa atau lap, serta lap pengering.
2. Siram terlebih dahulu bagian sokbreker hingga ke bagian as dalamnya, untuk menghilangkan kotoran yang menyangkut.

kabarOto


3. Gosok menggunakan busa atau lap yang sudah direndam air sabun, sebaiknya gunakan sabun yang kadarnya tidak terlalu keras, bisa menggunakan sabun pembersih piring atau shampo, karena lebih lembut dan tidak merusak part kendaraan.

kabarOto


4. Lakukan pembilasan setelah dibersihkan dengan sabun, hingga kotoran tidak tersisa dan benar-benar bersih.

kabarOto


5. Keringkan dengan lap bersih dan kering, mulai dari bagian as bawah hingga as bagian dalam hingga mengikuti bagian ulir sokbreker tersebut.

kabarOto

Demi menjaga kebersihan dan fungsinya, sebaiknya selalu memperhatikan kebersihannya. Lakukan pembilasan setiap kali digunakan dan terkena air hujan dan setelah melalui genangan air kotor.