Cara Merawat Wiper Mobil Agar Tetap Berkualitas

Cara Merawat Wiper Mobil Agar Tetap Berkualitas (Dok. Istimewa)

Kabaroto.com - Dikala musim hujan datang, karet wiper yang ada di kaca mobil wajib menunjukan kualitasnya dengan baik. Sebab karet khusus yang bentuknya fleksibel ini harus menjaga kejernihan dan kebersihan kaca depan dan belakang mobil. Hasilnya, pandangan pengemudi ke jalan tidak akan terganggu meskipun hujan turun lebat.

Baca :

Agar karet wiper tetap berfungsi sebagaimana mestinya, kamu juga harus menjaga kondisinya. Sebab cuaca panas terik matahari dan debu dapat merusak atau menurunkan kualitas performa wiper. Untuk menghidari hal yang tidak diinginkan, berikut ini beberapa trik sederhana untuk perawatan karet wiper agar usianya bisa panjang.

Selanjutnya cegah getas karet wiper dengan tidak selalu menempelkan karet wiper di kaca mobil. Artinya saat mobil parkir di luar ruangan tanpa atap dalam jangka waktu lama, jangan sering terpapar sinar matahari secara langsung. Sebab jika sudah mengeras dan elastisitasnya berkurang, maka wiper tak bisa bekerja maksimal menyapu air dari kaca.

Terakhir, karet wiper yang kondisinya sudah getas sebaiknya lekas diganti. Karena karet wiper getas dan keras berisiko merusak permukaan kaca mobil yang ditandai dengan munculnya garis-garis goresan yang tidak bisa hilang meskipun dicuci berkali-kali.

"Supaya usia pakainya lebih tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik, sebelum menghidupkan wiper pastikan kaca mobil dalam kondisi basah. Jika wiper dihidupkan saat kondisi cuaca tak sedang hujan, sebaiknya semprot kaca dengan air wiper terlebih dahulu untuk meluruhkan debu dan kotoran yang menempel di kaca," ujar Edi Sarwano, mekanik bengkel umum di Jl. Krukut Raya, Depok.