Cara Mudah Menjaga Power Steering Tetap Awet

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 14 Oct 2016 - 12:10
Cara Mudah Menjaga Power Steering Tetap Awet
Power Steering menjadi bagian yang juga penting dalam sebuah mobil (Foto: Istimewa)

Power Steering menjadi bagian yang juga penting dalam sebuah mobil. Power steering memberi kemudahan kepada pengemudi untuk menggerakkan roda depan yang dibutuhkan pada semua mobil apalagi mobil besar. Sistem power steering menggunakan hidrolik yang merupakan teknologi pemindahan daya dengan memanfaatkan tekanan cairan untuk menggerakkan suatu benda.

Salah dalam mengemudi, maka power steering akan terganggu dan mengalami kendala. Nah kali ini Kabaroto dan Mlala Auto Service akan memberikan cara mudah menjaga power steering tetap terjaga dan awet.

- Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memutar kemudi dengan pelan dan sedang, jangan memutarnya terlalu cepat, kurangi kecepatan jika akan berbelok. Sistem hidrolik akan bergerak perlahan ketika kita menggerakkan kemudi dengan pelan sehingga komponen power steering juga lebih awet.

- Mengukur jumlah putaran setir dari posisi lurus ke kanan dan kiri secara penuh. Pelankan putaran setir saat mendekati akhir putaran. Ini untuk mencegah tekanan naik secara mendadak dan mencegah komponen power steering cepat aus.

- Memutar setir hingga penuh pada waktu yang lama harus dihindari, ini terjadi biasanya saat mobil memutar arah atau dijalan yang sempit. Putar secara perlahan-lahan karena memutar penuh dan menahan kemudi membuat tekanan power steering menjadi maksimum, dan membuat kerja mesin menjadi berat dan boros BBM.

- Memutar setir sambil menginjak rem juga harus dihindarkan. Kalau berada ditanjakan atau permukaan yang muring gunakan rem tangan, rem tangan akan mengunci roda belkakang dan roda depan masih bisa bergerak.

-Memutar kemudi atau setir sebaiknya saat mobil sedang berjalan, karena beban mobil akan sangat ringan jika mobil berjalan.

-Merawat secara teratur Power Steering ke bengkel yang terpercaya.

Baca Juga :