POPULAR STORIES

Cara Mudah Merawat Safety Belt

Cara Mudah Merawat Safety Belt Terkadang safety belt menyimpan kotoran yang menempel dan melekat pada talinya, sehingga membuat gatal atau macet. (Foto: Istimewa)

Sabuk pengaman (safety belt) sangat diperlukan untuk keselamatan dalam berkendara. Namun terkadang safety belt menyimpan kotoran yang menempel dan melekat pada talinya, sehingga membuat gatal atau macet. Ini Tips untuk bersihkan kotoran tersebut.

Sebelum terjadi macet atau kerusakan pada gulungan. Ada baiknya kamu merawatnya dengan baik. Perawatan sabuk pengaman bisa dilakukan dengan 5 cara dibawah ini ala Rahmat Motor yang berada di jalan Gaplek Tangerang.

1 Siapkan bahan atau alat untuk membersihkan, diantaranya penjepit kertas, kain lap, sikat gigi, air, dan cuka dapur.

2 Tarik sabuk pengaman hingga seluruh bagiannya keluar dari gulungan. Selanjutnya, pasang penjepit kertas di bagian pangkalnya yang berguna untuk menahan sabuk supaya tidak tergulung kembali. Sebelum melepas penjepit kertas, pastikan sabuk pengaman dalam kondisi kering. Sebab jika tergulung dalam kondisi lembab maka akan memunculkan jamur.

3 Campurkan Cairan Pembersih dengan Air Hangat dan bisa juga gunakan pembersih khusus yang berbentuk silikon, jika tidak ada bisa dengan air sabun atau cuka. Setelah itu, campurkan dengan air hangat.

4 Langkah selanjutnya oleskan campuran tersebut secara merata ke sabuk pengaman menggunakan kain lap. Gosok agak keras untuk menghilangkan noda membandel. Jika tidak hilang juga, baru gunakan sikat gigi. Tetapi perlu diingat, ikuti arah serat benangnya ketika menyikat sabuk pengaman. Sebab jika menyikat dengan gerakan memutar, bisa merusak jalinan benangnya dan membuat kekuatan sabuk pengaman berkurang.

5 Usai dibersihkan, sabuk pengaman bisa dikeringkan dengan cara diangin-anginkan atau bisa juga menggunakan bantuan hair dryer. Mari kita coba tips ringan ini.

Baca Juga: