Cara Mudah Tunggangi Yamaha WR155R

Cara Mudah Tunggangi Yamaha WR155R Fun Riding Competition andalkan Yamaha WR155R (Foto: Yamaha Indonesia)

KabarOto.com - Mengendarai motocross ternyata tidak semudah yang dibayangkan, selain dari postur motor yang tinggi, ternyata ada tahapannya agar motor jangkung ini mudah ditunggangi.

Trainer Yamaha Riding Academy Gregorius Iwan saat Fun Riding Competition, Sabtu (11/12), di kawasan Sentul, Bogor, memberikan cara yang tepat untuk mengawali mengendarai motocross.

Baca juga: Yamaha R1 GYTR VR46, Penghormatan Spesial untuk Valentino Rossi

Menggunakan Yamaha WR155R, Iwan menunjukkan cara agar para peserta yang kebanyakan adalah media bisa mudah berada di atas motor.

"Ketika akan start pastikan gear di posisi 1, ini bertujuan agar motor tetap di tempatnya. Kemudian duduk mulai dari sebelah kiri, batang kemudi diarahkan ke kanan," ujar Iwan.

Saat di atas motor ingin melewati tanjakan atau medan menurun, pria berkulit putih ini memastikan tubuh pengendara harus lebih maju ke depan ketika ingin lewati tanjakan. "Saat lalui jalan menurun, posisi duduk lebih mundur. Hal ini mempermudah pengendalian motor," yakin Iwan.



Dirinya juga menambahkan, ketika melaju pastikan kaki tetap rapat menjepit bodi motor. "Sementara posisi tangan dibuat seperti busur, dan kaki juga menekuk ketika melewati gundukan. Ini membuat motor lebih enak dikendalikan," jelasnya.

Baca juga: Yamaha R1 Tunggangan Toprak Razgatlioglu Bisa Dibeli, Hanya 21 Unit!

Saat pengendara sudah tak mampu lagi mengendalikan motor, dirinya menyarankan jangan terlalu sayang dengan motor. "Lepaskan saja motornya, jangan terlalu cepat untuk langsung mendirikan kendaraan. Karena berpetualang dengan teman-teman, pasti akan dibantu," ungkapnya.



Cukup meyakinkan, sebab umumnya motocross dirancang gunakan material kuat, andai kendaraan terempas jatuh tak akan alami kerusakan.