POPULAR STORIES

Cara Produsen Ban Menjual Produk Di Tengah Wabah Corona

Cara Produsen Ban Menjual Produk di Tengah Wabah Corona gajah Tunggal punya strategi menjalankan bisnisnya saat corona mewabah di Indonesia

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 mengharuskan semua warga masyarakat untuk berada di rumah saja, pemerintah tidak memperbolehkan mereka berkerumun dan berkumpul lebih dari 5 orang. Pemerintah juga meminta perusahaan untuk memperkerjakan karyawannya di rumah saja, untuk memutus rantai penyebaran virus Corona.

Begitu juga dengan komunitas, baik itu motor dan mobil, mereka sama sekali tidak melakukan kegiatan seperti kopi darat atau kegiatan lainnya yang biasa diadakan pada akhir pekan. Padahal, komunitas merupakan sasaran produk-produk aftermarket seperti ban.

Baca Juga: IRC Perkenalkan Ban RMC830 Untuk Balap Dan Harian

Agar kegiatan bisnisnya tetap berjalan dalam kondisi seperti ini, PT Gajah Tunggal memiliki cara, salah satunya membuat aplikasi bernama Speedwork. Aplikasi ini bisa digunakan untuk para anggota komunitas dan pengguna kendaraan bermotor di seluruh Indonesia untuk membeli ban tanpa memilih di toko.

Champiro, ban mobil produksi Gajah Tunggal

"Lewat Speedwork kami menjual ban original IRC, Zeneos dan GT Radial lewat toko retail resmi seperti Tirezone dan MotoXpress. Speedwork menghubungkan pelanggan dan workshop dengan terlebih dulu mencocokkan ban yang tepat dengan tipe kendaraan konsumen, serta transparansi harga sebelum melakukan pemesanan online,” terang Dodiyanto, Senior Brand Executive & Product Development PT Gajah Tunggal.

Saat ini menurut dia, progressnya jauh lebih baik, karena GT menggunakan jaringan sendiri. Selain itu juga menghadirkan promo-promo menarik. "Sekarang kita sudah mulai ekspansi, kalau selama ini baru melayani Jabodetabek saja, sekarang sudah ke Pulau Jawa dan Sumatra. Kita juga ada kerjasama dengan Grab,” terangnya lewat tele conference bersama jurnalis otomotif.

Rizki Andromerdi, Senior Brand Executive PT. Gajah Tunggal mengatakan, khusus GT Radial untuk mobil, saat ini sudah bekerjasama dengan hampir seluruh Tire Zone di Indonesia. "Bahkan ada rencana untuk membuka toko ban hyper performance dan ban balap juga," terangnya.

Ban IRC produksi Gajah Tunggal

Aplikasi Speedwork ini juga nantinya akan memudahkan para pembalap membeli ban lewat online, tidak perlu khawatir karena harganya jelas sesuai dengan yang tertera di website.

Guna mengurangi penyebaran virus corona, Gajah Tunggal menggelar program bertema “Ganti Ban di Toko Tanpa Kontak”. Konsumen atau anggota komunitas yang melakukan penggantian ban di jaringan Tire Zone tidak perlu dekat-dekat dengan mobil, cukup dengan menunggu di ruang tunggu yang nyaman.

Baca Juga: GT Radial Hadirkan Champiro Luxe, Ban Untuk MPV Dan Sedan

Konsumen juga mendapatkan layanan semprot disinfektan gratis meski hanya melakukan pengecekan atau isi tekanan angin, serta disiapkan juga hand sanitizer. "Kita juga sangat peduli dengan hal ini dan berusaha semaksimal mungkin untuk mencegah penyebaran Covid-19," tuturnya.