POPULAR STORIES

Cara Suzuki Jualan Mobil Sambil Lalui Pandemik Covid-19

Cara Suzuki Jualan Mobil Sambil Lalui Pandemik Covid-19 Suzuki yakin, new normal otomotif nasional bisa bangkit

KabarOto.com - Meski Agen Pemegang Merek (APM) mobil lain di Indonesia mengeluhkan penjualan yang menurun saat pandemik Covid-19, namun Suzuki tetap berjalan dengan semangat yang mungkin bisa dibilang #enggakcengeng atau bersemangat menghadapi situasi ini.

Beberapa strategi pun diterapkan, agar penjualannya tetap tumbuh, meski turun namun tidak drastis. Langkah-langkah yang dijalankan Suzuki di tengah Pandemik Covid-19 adalah mengadakan program pemasaran dengan beberapa penyesuaian.

Baca Juga: Bisnis Otomotif Lesu, Penjualan Suzuki APV Justru Merangkak Naik

“Kami di internal mengedepankan biaya efisiensi, baik di produksi maupun penjualan, namun di sisi lain market harus dibantu untuk tetap bergerak agar tumbuh,” terang Harold Donel Head Product Development PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) saat berdiskusi "Ngobrol Virtual Dulu" (NGOVID) dengan rekan jurnalis, Kamis (4/6).

Strategi pemasaran diubah dari konvensional menjadi digital, menarik konsumen dengan berbagai kegiatan penjualan maupun program aftersales. “Di antaranya program Gift Year Festival, mulai dari model pikap dan passenger. Beli Carry, konsumen bisa mendapatkan motor dan berbagai gadget terkini,” terangnya.

Tak hanya itu, strategi lain yang dilakukan Suzuki menurut dia, bekerja sama dengan leasing untuk pembiayaan menjadi program low down payment (DP). “Untuk pikap, angsuran Rp3 jutaan, dan bunga rendah untuk pembelian produk-produk Suzuki,” tambah Harold.

Sementara itu, untuk aftersales, konsumen mendapatkan free jasa dan maintenance hingga 50 ribu kilometer yang ingin membeli beberapa produk baru seperti XL7 dan model lainnya.

Dalam masa transisi ke era New Normal ini Harold mengharapkan menjadi hal baik bagi industri otomotif. “Bergeraknya ekonomi akan berimbas pada merek otomotif, meski diakui konsumen tidak akan banyak melakukan interaksi transaksi di masa pemulihan pandemik,” terangnya.

Baca Juga: Suzuki XL7 Rajai Kelas Low SUV Bulan April 2020

Dia yakin, ada sudut pandang konsumen, targetnya sama seperti bulan Mei, ada masyarakat yang membutuhkan kendaraan. “Bagi beberapa orang yang tidak mau bersentuhan dengan orang lain di angkutan umum, akan membeli kendaraan,” ungkapnya penuh percaya diri. Namun, untuk jenis kendaraan yang dipilih konsumen, menurut dia akan disesuaikan dengan budget yang dimilikinya.