POPULAR STORIES

Cari Mobil Lega Dan Irit BBM, LMPV Hybrid Bisa Jadi Pilihan

Cari Mobil Lega dan Irit BBM, LMPV Hybrid Bisa jadi Pilihan All New Suzuki Ertiga Hybrid diklaim irit bahan bakar (Foto: KabarOto)

KabarOto.com - Low Multi Vehicle Purpose (LMPV) saat ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kendaraan ini mampu menampung tujuh penumpang, cocok digunakan untuk menunjang aktivitas bersama keluarga.

Desainnya modern, selain itu nyaman karena lega dan bisa membawa barang kebutuhan di kabin dan bagasi. Ini menjadi satu alasan, LMPV banyak digunakan.

Baca juga: Rute Malang-Surabaya, Saksi Media Test Drive All New Suzuki Ertiga Hybrid

Isu yang berkembang saat ini, adalah naiknya harga bahan bakar minyak. Ini menjadi masalah bagi pemilik mobil, mereka harus mencari kendaraan berteknologi modern, namun irit bahan bakar.

Suzuki Ertiga Hybrid (Foto: kabarOto)

Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), beberapa waktu lalu sempat mengatakan, selain isu kenaikan bbm, juga semakin tingginya awareness konsumen terkait emisi gas buang. Muncul ide bagaimana menghadirkan kendaraan ramah lingkungan, tetapi harganya terjangkau.

Suzuki pun memiliki strategi, menghadirkan LMPV ramah lingkungan, namun tidak digerakan menggunakan tenaga baterai. All New Suzuki Ertiga Hybrid, menjadi andalan mereka, untuk bisa digunakan menunjang aktivitas di kota besar Jakarta, Bandung, Surabaya dan kota lainnya. Bisa juga dibawa ke luar kota untuk berlibur bersama keluarga.

All New Suzuki Ertiga Hybrid merupakan LMPV pertama di Indonesia, menggunakan teknologi terbaru, gabungan mesin konvensional dan baterai lithium. Mobil ini juga menjadi upaya Suzuki, dalam mempercepat program elektrifikasi di Indonesia. Tentu untuk menurunkan emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

Kabin luas menjadi alasan LMPV dipilih (Foto: SIS)

Sumber tenaga dari mesin K15B-nya berasal dari mesin bensin konvensional, digabungkan dengan Integrated Starter Generator (ISG) dan Lithium-Ion baterai.

ISG sendiri, berfungsi sebagai motor dan generator, menangkap dan menyimpan energi listrik ke Lithium-Ion Battery. Energi listrik ini menjaga komponen kelistrikan mobil tetap menyala saat posisi berhenti. Karena, saat posisi berhenti, mesin mobil akan mati secara otomatis, dan menyala kembali saat melepas pedal rem.

Baca juga: All New Suzuki Ertiga Hybrid Diklaim Irit BBM

Sistem ini akan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien, karena tidak terjadi proses pembakaran saat berhenti. Fitur ini diminati konsumen, karena merasa nyaman saat berada di tengah kemacetan, meski mesin mati, namun sistem kelistrikan dan pendingin udara kabin tetap menyala.

Pemilik mobil tak perlu mengeluarkan biaya lebih banyak untuk mengisi bahan bakar, biaya operasional harian pun berkurang.

Sebagai informasi, All New Suzuki Ertiga Hybrid ditawarkan dalam empat model, SS-AT dibanderol Rp 292.300.000, SS-MT Rp 281.300.000, GX-AT Rp 281.300.000 dan GX-MT Rp 270.300.000.