POPULAR STORIES

Cat Pelek Motor Bikin Tampilan Berbeda

Cat Pelek Motor Bikin Tampilan Berbeda

KabarOto.com - Pelek merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Namun seringkali, tampilan pelek standar terlihat membosankan, terutama untuk kalangan pengguna roda 2. Apalagi pilihan pelek aftermarket yang tersedia, lebih sedikit daripada roda 4.

Rata-rata pelek aftermarket untuk motor dibanderol cukup mahal. Kalaupun murah, kualitasnya dipertanyakan. Selain itu untuk motor tertentu, tidak selalu tersedia pelek aftermarket-nya.

Baca juga: Jokowi Naik Motor Dikawal Kaesang Ke Botani Square Bogor

Nah, salah satu solusi yang dapat dilakukan. Untuk merubah tampilan pelek, adalah dengan cat pelek. Yup, pengecatan pelek akhir-akhir ini juga menjadi tren. Biaya yang dikeluarkan pun, relatif lebih murah dibandingkan membeli pelek baru. Cukup dengan mengubah warna pelek, maka motor kesayangan akan tampil berbeda.

Salah satu bengkel yang dapat menggarap pengecatan pelek ini, adalah Triple Nine. Bengkel yang berlokasi di kawasan BSD ini, memang berfokus untuk upgrade tampilan motor, seperti misalnya parts karbon dan painting, juga tersedia bengkel servisnya.

Pengecat pelek juga tidak dapat sembarangan dilakukan. Karena ada beberapa jenis cat yang tersedia. Untuk kemudian disesuaikan dengan kebutuhan pengecatan. Selain itu, dengan pemilihan cat dan proses pengecatan yang asal, hasilnya tentu tidak akan maksimal.

Terkait pemilihan cat, Anthonyou Martin selaku owner dari bengkel Triple Nine. Menjelaskan mengenai pemilihan cat untuk mengecat kendaraan. “Kita memiliki macam-macam cat yang digunakan. Dari Nippon sampe Spies-Hecker disediakan. Tergantung permintaan konsumen, jika yang standar-standar aja pakai Nippon. Biasanya, kalo orang mau cat pelek atau cat bodi. Kita saranin sih pakai Spies-Hecker," ungkap Anthonyou Martin.

Baca juga: Motor-Motor Eropa Yang Meluncur Di Indonesia Tahun 2019

Proses untuk pengecatan pelek ini pun, ada beberapa tahap. Proses pengecatannya juga tergantung kondisi pelek yang akan dicat, seperti misalnya pelek yang masih bawaan, dan menggunakan cat bawaan pabrik.

Kalo masih baru kita sarankan sih siram saja. Karena kan dari cat baru, prosesnya kita ada beberapa step ya. Jadi gak kayak asal langsung cat. Langkah pertama amplas halus dulu. Kita naikin epoxy, dari epoxy itu baru kita cat dasar. Dari cat dasar itu baru cat utama inti, terakhir pernis. Jadi kita enggak langsung asal siram cat asli. Jadi emang urutannya yang kita pikirin. Jadi kualitas yang dikasih ke konsumen juga bagus dan memuaskan. Gak asal ngecat gitu," tukas pria bertubuh besar ini.

Nah, kalau sudah tampil beda dengan pelek berwarna baru. Jangan lupa merawat peleknya. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Seperti misalnya, upayakan tidak terjemur cahaya matahari terlalu lama. Selain itu, jika pelek terkena bahan kimia seperti misalnya bensin maupun oli. Harus langsung dilap dan dibersihkan. Agar tidak menimbulkan kerak dan noda.

Proses pengecatan pelek ini juga tidak terlalu lama. Martin kembali menjelaskan “Kalo proses untuk repaint pelek, kita kayak ini udah seharian. Tapi buat amannya sih biar customer tinggal pake, itu 2 hari. Trus juga catnya juga aman ya, jadi pas mereka bawa kondisi cat udah kering."

Nah, yang paling menarik adalah harganya. Pengecatan pelek ini relatif tidak mahal. “Harganya kalau pakai Nippon. mulai kisaran Rp 450 ribu, ini cuma cat siramnya. Kalo bongkar sama ban Rp 550 ribu. Jika pakai remover sampai Rp 700 ribu. Remover itu dari cat aslinya kita rontokin, sampai dasar peleknya baru kita ulang lagi dari awal” tutup pria berkacamata ini.

Jadi bagaimana, tertarik untuk tingkatkan tampilan pelek motor anda? (Gregorius Nikolaus.P)