Catat! Hal Penting untuk Mobil Tanpa Jarum Temperatur

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 25 Sep 2015 - 07:17
Catat! Hal Penting untuk Mobil Tanpa Jarum Temperatur
Jarum temperatur sangat berfungsi untuk melihat seberapa panasnya mesin ataukah mesin normal. Untuk mobil ditas 2012 pasalnya tidak ada jarum temperaturnya. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Pasalnya, kendaraan roda empat di atas tahun 2012 tidak memiliki jarum temperatur. Sebaliknya, mobil dibawah tahun 2012 terlihat jarum temperatur yang berada di dekat meteran bensin disamping rpm. Jarum ini biasanya sebagai penanda untuk mengetahui kondisi mesin mobil Anda jika panas atau tidaknya. Lalu, bagaimana tips untuk mengetahui mesin panasnya atau tidak bila jarum temperatur tidak ada? Nih tipsnya.

Kabarnya Untuk mobil tahun keluaran 2012 ke atas seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina saat ini jarum tersebut tidak lagi ditemui. Yang ada hanyalah gambar temperaturnya. Nah, mobil ditahun tersebut lampu secara otomatis akan menyala disaat menstater mobil. Disitu akan terlihat lampu untuk temperatur. Jika berwarna biru maka temperatur normal dan lampu di temperatur tersebut akan mati dengan sesaat. Namun jika ada salah satu yang kurang pada mesin mobil Anda biasanya saat menstater pada posisi mesin dingin lampu untuk temperatur akan menyala dengan warna biru setelah beberapa saat mesin mulai panas, ya kira-kira mendekati 40 derajat mesin akan mati.

Bisa dihidupkan kembali namun lampu temperatur akan menyala kedap kedip per 15 detik. Jika kondisi makin parah lampu tidak akan berkedip, namun akan terus menyala dengan warna merah. Jika terus dipaksakan mobil tidak akan menjalankan fungsinya dengan baik atau tidak ada tarikan.

Jika terjadi hal seperti ini, mobil Anda harus segera dibawa ke bengkel untuk dilakukan perawatan.

Hal ini yang harus menjadi perhatian bagi pengguna mobil di atas tahun 2012. Karena tidak adanya peringatan mengharuskan pemilik kendaraan harus lebih merawat kendaraanya secara berjangka. Tips inilah yang diberikan oleh Afi Motor kepada Kabaroto.

Baca Juga: