POPULAR STORIES

Caterpillar Meluncurkan Prototipe Truk Pertambangan 793 Bertenaga Listrik

Caterpillar Meluncurkan Prototipe Truk Pertambangan 793 Bertenaga Listrik Sumber: Caterpillar

KabarOto.com - Caterpillar Inc. (NYSE: CAT) telah mengumumkan keberhasilan demonstrasi truk pertambangan besar 793 bertenaga baterai listrik pertamanya, lokasi di Arizona, Amerika Serikat, menjadi pusat pengujian dan validasi yang berkelanjutan di masa depan.

Produsen mesin konstruksi tugas berat, Caterpillar, telah membuat dan mendemonstrasikan versi elektrik dari truk tambang raksasa berkekuatan 2.650 dk, yang ditujukan untuk membantu transisi industri pertambangan ke operasi yang lebih berkelanjutan.

Baca juga: Ini Spesifikasi Detail 3 Varian Caterpillar Yang Baru Diluncurkan

793 Electric memiliki tampilan yang mengesankan dan proporsi yang sangat besar dengan upaya 1.000 kWh dari Anglo American dan Williams Advanced Engineering, meskipun model itu dirancang dengan mempertimbangkan varian baterai-listrik dan hidrogen-listrik. Prototipe Caterpillar menggunakan baterai sepenuhnya.

Pihak Caterpillar tidak mengungkapkan spesifikasi persisnya, namun yang pasti truk tersebut sanggup mengangkut beban mencapai 265 ton, dengan asumsi dapat mengangkut muatan serupa dengan 793 dengan mesin konvensional.

Truk ini diuji dengan berkendara melewati lintasan sepanjang 7 km (4,3 mil) di tempat pengujian Caterpillar's Tucson di Green Valley, Arizona, tempat pembuatannya. Caterpillar memantau lebih dari 1.100 saluran data, mengumpulkan 110.000 titik data per detik, untuk memvalidasi kemampuan simulasi dan pemodelan teknik.

Caterpillar menyelesaikan pengembangan prototipe baterai elektrik 793 pertamanya,dengan dukungan dari pelanggan pertambangan utama yang berpartisipasi dalam program Pelajar Dini Caterpillar. Peserta program dengan perjanjian elektrifikasi definitif termasuk BHP, Freeport-McMoRan, Newmont Corporation, Rio Tinto dan Teck Resources Limited.

“Tim global kami bekerja sama untuk mengembangkan truk baterai ini dengan kecepatan yang dipercepat untuk membantu pelanggan kami memenuhi komitmen keberlanjutan mereka,” kata Presiden Resource Industries Group Denise Johnson.

Baca juga: Trakindo Utama Luncurkan 3 Alat Berat Caterpillar

Pelanggan Early Learner dan tim penguji truk raksasa 793 Electric

Ia juga menambahkan, demonstrasi ini merupakan tonggak sejarah yang signifikan, dan pihak Caterpillar akan sangat senang truk-truk ini dapat beroperasi di lokasi pelanggan di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Pelanggan Early Learner berkumpul untuk menyaksikan demonstrasi langsung truk baterai prototipe Caterpillar. Selama acara berlangsung, Caterpillar memantau lebih dari 1.100 saluran data, mengumpulkan 110.000 titik data per detik, untuk memvalidasi kemampuan simulasi dan pemodelan teknik.

Terisi penuh hingga kapasitas terukurnya, truk mencapai kecepatan tertinggi 60 kpj. Truk bermuatan tersebut menempuh jarak 1 km dengan tanjakan 10% pada kecepatan 12 kpj. Truk tersebut juga melakukan perjalanan 1 km pada tanjakan menurun 10%, menangkap energi yang biasanya hilang akibat panas dan meregenerasi energi tersebut ke baterai.

Setelah menyelesaikan seluruh putaran, truk mempertahankan energi baterai yang cukup untuk melakukan siklus lengkap tambahan.