POPULAR STORIES

Cayenne Dan 911 Dianggap Jadi Tulang Punggung Porsche Selama Tahun 2023

Cayenne dan 911 Dianggap Jadi Tulang Punggung Porsche Selama Tahun 2023 Cayenne dan 911 Tulang Punggung Penjualan Porsche Tahun 2023 (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Porsche 911 diklaim mencatat peningkatan terbesar dari semua jajaran model pada tahun 2023, dengan peningkatan sebesar 24 persen. Porsche 911 dikirim ke 50.146 pelanggan seluruh dunia. Taycan juga membukukan kenaikan dua digit, dengan 40.629 pelanggan menerima pengiriman mobil baru mereka (17%).

"Tahun lalu kami mendapatkan keuntungan khususnya dari posisi Porsche yang sangat seimbang di wilayah penjualan terbesarnya," kata Detlev von Platen, Member of the Executive Board for Sales and Marketing di Porsche AG.

Ia bilang, model dengan jumlah pengiriman tertinggi adalah Cayenne. Contoh SUV tersebut dikirim ke 87.553 pelanggan tahun lalu (-8 persen).

Baca Juga: Porsche Taycan Turbo GT Catatkan Mobil Listrik Masal Tercepat Di Sirkuit Nurburgring

Penurunan dibandingkan tahun 2022 menurutnya disebabkan oleh perubahan model, yang meliputi peluncuran generasi baru di seluruh dunia secara bertahap sejak peluncuran pasar pada bulan April, serta pembaruan perangkat lunak untuk model hybrid demi memastikan kualitas terbaik.

Porsche Macan telah dikirim ke 87.355 pelanggan dan dengan demikian tetap berada di level tahun sebelumnya. Pada tahun terakhir dari siklus hidupnya, generasi Panamera yang keluar membukukan 34.020 pengiriman.

Generasi baru ini, yang merayakan peluncuran perdananya pada bulan November, akan hadir untuk para pelanggan mulai tahun 2024. Model 718 Boxster dan 718 Cayman berhasil membukukan 20.518 pengiriman (+13 persen).

Baca Juga: Galeri All New Porsche Cayenne (Gen 3)

Pada tahun 2024, von Platen memperkirakan tahun yang penuh tantangan. "Kami sedang meletakkan dasar untuk masa depan dan memperbarui empat dari enam seri model, yakni lebih banyak peluncuran produk dengan implementasi yang bertahap daripada sebelumnya dalam satu tahun."

Board Member for Sales and Marketing juga memperkirakan kondisi pasar di Tiongkok akan tetap menantang. "Oleh karena itu, penting bagi kami untuk terus menyeimbangkan struktur penjualan dan memperkuat wilayah luar negeri kami, terutama di pasar ASEAN. Tahun 2024, kami akan lebih fokus pada pertumbuhan yang berorientasi pada nilai dan tingkat penjualan yang stabil."