POPULAR STORIES

Cegah Kecelakaan Dengan Sepeda Listrik, Ini Yang Harus Diperhatikan

Cegah Kecelakaan dengan Sepeda Listrik, Ini yang Harus Diperhatikan Cegah Kecelakaan dengan Sepeda Listrik, Ini yang Harus Diperhatikan (Kipli/ KO)

KabarOto.com - Akhir-akhir ini pemberitaan media nasional diwarnai dengan informasi kecelakaan yang melibatkan sepeda listrik. Sobat juga pasti menyadari saat ini populasi sepeda listrik semakin banyak, mulai dari perkotaan hingga ke pedesaan.

Sepeda yang ditenagai oleh motor listrik ini disukai karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Tidak hanya orang dewasa, bahkan anak kecil yang belum cukup umur ikut menggunakannya.

Padahal, sepeda listrik hanya boleh dipakai di area terbatas seperti komplek pemukiman. Meskipun sudah ada imbauan dari pihak kepolisian, namun masih banyak yang memakainya di jalan raya. Harus mempelajari tips berikut ini saat menemui sepeda listrik di jalan demi keamanan bersama.

Berbeda dengan sepeda motor listrik, basis sepeda listrik adalah sepeda kayuh yang dipasang motor listrik sebagai tenaga penggerak. Banyak sepeda listrik yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan berkendara di jalan, seperti lampu depan, lampu rem, dan lampu sein.

Baca Juga: Neta Auto Gandeng Handal Motor Indonesia Bikin Kendaraan Listrik

Keberadaan motor listrik membuat sepeda listrik dapat melaju kencang dengan akselerasi yang kuat dan tanpa suara. Masalah lainnya, sepeda yang kecil membuat pengemudi mobil tidak dapat melihatnya dengan jelas.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah segera kurangi kecepatan. Jangan lupa atur jarak aman supaya dapat memantau dan mengantisipasi segala kemungkinan, seperti sepeda listrik tiba-tiba pindah lajur atau pengendaranya terjatuh karena bercanda dengan temannya.

Jaga kewaspadaan karena manuver sepeda listrik kerap tidak terduga, ditambah tidak ada lampu sebagai isyarat pergerakannya. Kalau keadaan aman, silakan mendahuluinya dengan terlebih dahulu membunyikan klakson supaya mereka memperhatikan mobil.

Baca Juga: MG Motor Indonesia Akan Boyong SUV Listrik Di GIIAS 2023

Pastikan pula sepeda listrik tidak masuk ke dalam area blind spot mobil. Kondisi ini mungkin terjadi karena sepeda dan penggunanya sama-sama kecil. Oleh sebab itu, begitu melihat sepeda listrik, pastikan mereka tidak lepas dari pandangan dengan tetap menjaga visibilitas ke depan.

Hindari gerakan tiba-tiba yang akan membuat mereka panik. Jangan pula memprovokasi, terutama kalau yang membawa sepeda listrik masih anak kecil. Cukup jaga jarak aman dan perhatikan manuvernya, segera lewati untuk mencegah masalah lebih jauh.

“Demi keamanan di jalan, lebih baik hati-hati saat sedang berkendara dan bertemu sepeda listrik khususnya kalau dikendarai oleh anak kecil,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000 (07/08).