Ini Komponen Sepeda Motor Yang Mudah Bermasalah Saat Musim Hujan

Ini Komponen Sepeda Motor yang Mudah Bermasalah saat Musim Hujan Part sepeda motor sering alami masalah sepele karena air hujan (KabarOto)

KabarOto.com - Saat ini hujan sering turun dengan tiba-tiba, dan sering terjadi masalah sepele pada sepeda motor yang kita gunakan. Seperti beberapa part yang mudah mengalami masalah karena seringnya terkena air hujan.

Baca Juga: Ukuran Gir dan Rantai Motor yang Wajib Diketahui

Beberapa part yang sering bermasalah karena intensitas air hujan, contohnya adalah tuas rem belakang, rantai, hand grip dan kabel gas. Untuk memaksimalkan fungsinya kembali perhatikan tips di bawah ini, yang diberikan mekanik Dwayne Racing Motor, Wansko.

Tuas Rem Belakang

Komponen ini sering sekali mengalami masalah akibat air hujan karena posisinya di bawah, terlebih lagi bila terjebak dalam banjir, dapat menyebabkan kotoran menempel dan memicu korosi atau karat.

Sebaiknya lakukan pembersihan menggunakan cairan penetran atau olesi dengan oli untuk menghindari korosi, dan bila habis terkena air hujan segera lakukan pembilasan dengan air bersih.

kabarOto

Kabel Gas dan Hand Grip

Hand grip dan kabel gas sepeda motor idealnya harus bersih atau steril dari kotoran, sebab dirancang secara kedap. Karena seringnya terjadi perbedaan suhu tinggi ke rendah dan sebaliknya, sering kali memicu terjadinya bias air atau masuknya air, yang membuat kotoran sedikit menyumbat dan gas terasa berat saat berkendara.

Untuk masalah satu ini hanya satu solusinya, yaitu harus mengganti kabel gasnya untuk memberikan kerja maksimal gas motor.

kabarOto

Rantai

Part yang satu ini lebih mudah bermasalah, dengan tempatnya yang berada di bawah dan kerjanya yang berat. Rantai harus selalu dicek kebersihannya. Bila tidak dapat menimbulkan suara berisik, akibat pengikisan pelumas yang terkena air hujan.

Solusinya, cukup gunakan pelumas dengan cara semi merendamnya atau baluri rantai hingga masuk ke celah roller atau bushing.

kabarOto

Untuk kenyamanan dalam berkendara disaat musim hujan, sebaiknya selalu cek semua part penggerak dan pendukungnya, termasuk kelistrikan.