Cek Komponen Kaki-Kaki Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik, Sob!

Cek Komponen Kaki-Kaki Sebelum Melakukan Perjalanan Mudik, Sob! Proses Spooring - Balancing di Bengkel BOS Cipayung (Deni/KO)

KabarOto.com - Hari Raya Idul Fitri 1440 H tinggal menghitung hari, momen hari raya kerap digunakan masyarakat untuk berkumpul serta bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman, yang sudah menjadi tradisi di Indonesia. Mobil pribadi pun kerap menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin melakukan perjalanan mudik, terlebih saat ini akses jalan tol yang sudah mumpuni untuk melakukan perjalanan mudik.

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi, sebaiknya Anda harus melakukan pengecekan kesiapan kendaraan secara menyeluruh. Khususnya bagian kaki-kaki mobil untuk menunjang keamanan serta kenyamanan ketika melakukan perjalanan mudik. Setidaknya ada beberapa hal seputar kaki-kaki kendaraan yang perlu perhatian ekstra dari Anda!

Baca juga: Tune-Up Mesin Sebelum Mudik Di Bengkel Umum

Heru Susilo, Kepala Bengkel BOS Cipayung menjelaskan, "Sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya pemilik kendaraan harus melakukan pengecekan secara menyeluruh komponen-komponen mobil," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto di Bengkel BOS Cipayung, Jakarta, Sabtu kemarin (18/05).

Lebih lanjut Ia pun menambahkan, pengecekan pertama itu dilihat dari kondisi ban, biasanya kita cek tekanan angin, kembangannya, tie rod dan long tie rod lihat juga kondisinya.

Pengecekan Kaki-Kaki Kendaraan

"Kita akan melihat kondisi masing-masing komponen apakah masih dalam kondisi baik. Kalau perlu pergantian sebaiknya harus segera diganti sebelum perjalanan mudik. Setelah itu lalu kita akan lakukan spooring untuk meningkatkan kenyamanan berkendara," beber Heru.

Menurut Heru, pengecekan komponen kaki-kaki kendaraan dilakukan setiap 15.000 - 25.000 kilometer. "Lain halnya jika mobil baru dilakukan untuk kebutuhan keluar kota seperti mudik Lebaran, biasanya habis kena benturan, lubang, dengan kondisi jalan yang beragam. Kalau memang sudah tidak nyaman, segera melakukan pengecekan lagi untuk dilakukan spooring kembali," imbuhnya.

Selain komponen kaki-kaki kendaraan, komponen yang tak kalah penting di cek adalah oli dan juga radiator. "Oli dan radiator itu sangat berpengaruh ketika melakukan perjalanan jauh, jika oli berkurang bisa menyebabkan overheat, sama halnya jika air radiator berkurang dapat memberi dampak yang sama," jelas Heru.

Bengkel BOS Cipayung

Baca juga: Ini Jadinya Kalau Dokter Anak Modifikasi Jeep Wrangler Sport Unlimited

Untuk itu, tambah Heru, di bengkel BOS menyajikan layanan cek 58, yang berfungsi untuk pengecekan kendaraan secara menyeluruh. "Kita punya layanan cek 58, pengecekannya itu mulai dari lampu-lampu, karena mobil buat mudik itu jarak jauh, dan lampu rem juga sangat vital apa lagi lalu lintas sedang ramai, ketika lampu mati akibatnya bisa panjang," katanya.

Cek 58 itu juga meliputi pengecekan seluruh komponen kaki-kaki, kelistrikan, mesin, radiator, dan lainnya.