POPULAR STORIES

Cek Kondisi Kaki-Kaki Dan Ban, Agar Perjalanan Mudik Aman Serta Nyaman

Cek Kondisi Kaki-Kaki dan Ban, Agar Perjalanan Mudik Aman serta Nyaman Ilustrasi pengecekan kaki-kaki dan ban mobil (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Kondisi ban dan kaki-kaki menjadi bagian yang perlu diperiksa sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran. Di mana, kedua bagian ini sangat penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Menurut Denis Eko Arianto, Kepala Teknisi Bengkel BOS cabang Depok menjelaskan, "Sebaiknya lakukan pengecekan kaki-kaki dengan melakukan spooring, kondisi ban juga perlu diperhatikan."

Menurutnya untuk pengecekan sokbreker, bisa dilihat secara manual, bisa dilihat apakah ada kebocoran. "Biasanya mobil yang perlu melakukan spooring balancing, setirnya itu getar ketika kondisi mobil melaju," jelas Denis saat ditemui KabarOto, Rabu (19/04).

Baca juga: Mobil Ditinggal Selama Mudik Lebaran? Begini Tipsnya

Cek kondisi tekanan ban

Untuk melakukan pemeriksaan ban, cek permukaannya,apakah masih bagus atau sudah botak. Jika permukaannya sudah halus, segera ganti dengan yang baru. Sebab, daya cengkram ban mobil yang sudah botak tidak lagi maksimal, sehingga dapat membuat ban terselip di jalan yang licin.

Kemudian, perhatikan tekanan anginnya normal atau tidak terlalu tinggi dan rendah. Tekanan angin ban mobil penting diperhatikan kondisinya karena dapat mempengaruhi tingkat kenyamanan saat berkendara, terutama saat melewati jalanan bergelomang, berlubang atau tidak rata.

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Pakai Mobil, Coba Perhatikan Beberapa Hal Simpel Berikut

Cek kondisi kaki-kaki secara visual, jika ada kebocoran pada sokbreker, segera lakukan perbaikan

"Kalau untuk ban cek tekanan anginnya, tidak kurang atau berlebih. Tekanan angin juga tergantung jenis mobilnya, ada yang 32-38 ada juga yang 35-38," tambah Denis.

Tak hanya ban saja, bagian kaki-kaki mobil juga penting diperhatikan lantaran merupakan komponen krusial, baik dari sisi kenyamanan maupun keselamatan berkendara.